Civitas Akademika FK Unair Surabaya Protes Pemberhentian Dekan Budi Santoso

Prof Puruhito saat menyampaikan orasi di sela aksi
Sumber :
  • VIVA Jatim/Mokhamad Dofir

Surabaya, VIVA Jatim – Para Civitas Akademika Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) Surabaya menggelar aksi protes atas pemberhentian Profesor Budi Santoso dari jabatannya sebagai dekan.

Ditanya soal Prof Bus Dipecat karena Tolak Dokter Asing, Rektor Unair: No Comment

Aksi protes digelar di halaman Kampus Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Jalan Prof Moestopo, Surabaya, Kamis, 4 Juli 2024.

Berlangsung mulai pukul 13.00 WIB, aksi diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Hymne Unair, kemudian dilanjutkan dengan membacakan petisi serta orasi secara bergantian dari perwakilan civitas akademika.

Wacana Datangkan Dokter Asing Ditolak Dekan FK Unair, Ini Alasan Menkes

Mantan Rektor Unair Surabaya, Profesor Puruhito di sela aksi menyampaikan, protes dilakukan untuk menolak pemberhentian Profesor Budi Santoso dan menuntut supaya pimpinan Universitas ternama di Surabaya ini, mengembalikan jabatan Prof Bus sapaan akrab Profesor Budi Santoso sebagai Dekan Fakultas Kedokteran.

Karena ia menilai keputusan pimpinan Unair tidak berdasar. Syarat pemberhentian Prof Bus dari jabatannya selaku Dekan Fakultas Kedokteran Unair semua tak terpenuhi.

Protes Pemberhentian Dekan Fakultas Kedokteran, Guru Besar Unair: Jangan Jadi Penjilat!

"Prof Bus belum waktunya mengundurkan diri, Prof Bus masih sehat, Prof Bus tidak sakit, Prof Bus tidak studi lanjut, Prof Bus tidak mengundurkan diri, Prof Bus tidak masuk penjara atas keputusan pengadilan yang tetap," ujarnya.

"Itu syarat untuk memecat seorang dekan atau wakil dekan di Universitas Airlangga. Juga atas persetujuan Senat Universitas Airlangga, dan sekarang harusnya juga atas persetujuan Majelis Wali Amanah. 3 syarat ini ditambah 5 syarat dasar rupanya tidak dipenuhi oleh pimpinan," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
img_title