Gus Baha Sebut Semua Muslim Pasti Dapat Keutamaan Lailatul Qadar, Asal...

Gus Baha' bersama Ketum PKB , Muhaimin Iskandar atau Cak Imin
Sumber :
  • Viva.co.id

JatimUmat Muslim meyakini bahwa Lailatul Qadar merupakan malam yang sangat mulia, sebab lebih baik dari seribu bulan atau tiga puluh ribu malam yang setara dengan 83,33 tahun. Diyakini seluruh ibadah yang dilakukan pada malam ini lebih utama dibanding ibadah di lain waktu

Ciri Orang yang Mendapat Hikmah Malam Lailatul Qadar Menurut Buya Yahya

Dikarenakan begitu besar keistimewaan, waktu turunnya malam Lailatul Qadar bahkan sampai dirahasiakan oleh Allah. Rahasia ini ditujukan agar umat Muslim bersungguh-sungguh dalam beribadah di bulan Ramadhan

Berbeda jika sudah ditentukan malam dan tanggal sekian. Pasti kesungguhan ibadah yang dilakukan manusia hanya berfokus pada malam itu saja. Kendati demikian dalam hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari, Aisyah RA mengatakan Rasulullah telah memberi clue (petunjuk) bahwa Lailatul Qadar akan terjadi pada sepuluh malam terakhir ganjil Ramadhan.

5 Amalan Meraih Keutamaan Lailatul Qadar, Malam Penuh Kemuliaan

Terkait hal tersebut Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Bahauddin Nursalim atau akrab disapa Gus Baha meyakini bahwa Lailatul Qadar bisa didapatkan oleh semua Muslim. Menurutnya Lailatul Qadar adalah bonus dari Allah SWT untuk umat Nabi Muhammad SAW.

"Keyakinan saya, pokoknya (Lailatul Qadar), yakinlah (seluruh umat Islam) pasti dapat," ungkap Gus Baha dikutip dari kanal Youtube Santri Gayeng, Jumat, 14 April 2023.

Beredar Narasi Larangan Penggunaan Pengeras Suara di Masjid, Kemenag Sebut Itu Tidak Benar

Dia menjelaskan, keyakinan itu muncul setelah mengkaji sebuah keterangan bahwa Rasulullah SAW mengisahkan Nabi Nuh yang berusia 950 tahun dan juga nabi-nabi sebelumnya yang berusia ratusan tahun. 

“Terus ada keresahan. Bagaimana dengan umatku yang usianya pendek? Terus Allah merespons keresahan Nabi dengan memberi bonus Lailatul Qadar yang setara dengan 1.000 bulan atau 83 tahun 4 bulan," beber Gus Baha.

Halaman Selanjutnya
img_title