Pasukan Tengkorak Berhasil Pukul Mundur OPM di Intan Jaya

Pasukan Yonif Para Raider 305/Tengkorak, Kostrad di Intan Jaya.
Sumber :
  • Viva

Jatim – Prajurit-prajurit TNI dari Satuan Tugas Organik Batalyon Infanteri Para Raider 305/Tengkorak, Kostrad, secara perlahan tapi pasti berhasil memulihkan kembali situasi keamanan di wilayah Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah usai bentrok tembak dengan gerombolan Kelompok Separatis Teroris (KST) OPM

Tak Terduga, Kejadian Bibit bertambah Ribuan untuk Penghijauan

Dengan berakhirnya bentrok tembak antara prajurit TNI dan gerombolan Kelompok Separatis Teroris (KST) OPM, saat ini aktivitas masyarakat kembali normal dan roda perekonomian telah bergerak setelah sempat lumpuh sepanjang bulan April 2023 akibat gangguan keamanan dan teror bersenjata dari OPM.

"Kebahagiaan masyarakat Intan Jaya, khususnya mama-ama sangat terusik oleh gerombolan KST sepanjang bulan April. Gerombolan yang tak beradab ini melarang mama-mama menjual hasil kebunnya ke kota Sugapa. Padahal, dari hasil jualan itulah mereka bisa membeli beras, minyak goring, gula, dan kopi untuk kebutuhan sehari-harinya," kata Komandan Satgas Yonif Para Raider 305/Tengkorak, Letnan Kolonel Inf Ardiansyah atau akrab dipanggil Raja Aibon Kogila, dikutip dari Viva 03 Mei 2023.

Netralitas Aparat Penting, Waketum GM FKPPI: Revolusi Mental dari Atasan hingga Bawahan

Selama teror OPM berlangsung, enggak cuma para mama yang jadi korban, tapi juga para pemuda Intan Jaya. Para pemuda yang kesehariannya mencari nafkah dengan ngojek, saat itu tak bisa lagi narik. Karena di jalanan OPM melakukan penghadangan bahkan merusak jalanan yang biasa dilalui kendaraan. Terutama jalur utama dari Sugapa ke Titigi.

"Bapak, ini kami satu bulan tidak bisa ojek. Kami susah, tidak bisa beli rokok. Kami biasa antar barang ke Pos Titigi, tapi itu mereka dari hutan buat kacau Intan Jaya. Mereka juga rusak jalan. Ini kami senang bisa ojek lagi. Besok juga kami perbaiki jalan, baru lanjut ojek lagi," ucap Yosafat Sani salah seorang pemuda Intan Jaya ditimpali rekan-rekannya. 

Ingatkan Prajurit agar Bijak Bermedsos, Panglima TNI: Jarimu adalah Nasibmu

Bukan perkara mudah untuk memulihkan situasi keamanan di Intan Jaya, para kesatria Pasukan Tengkorak Kostrad harus berjuang angkat senjata, bertaruh nyawa untuk dapat melumpuhkan dan mengusir gerombolan OPM dari Intan Jaya.

Namun sangat beruntung, kerja nyata dan ikhlas dalam membangun Intan Jaya yang digeber Pasukan Tengkorak selama bertugas di wilayah itu, membuat masyarakat tergerak untuk turut berjuang melawan OPM bersama Pasukan Tengkorak.

Halaman Selanjutnya
img_title