Jelang Vesak Festival, Asosiasi Pemuda Buddha Kaji Jalaluddin Rumi

Asosiasi Pemuda Buddha Kaji Jalaluddin Rumi Bersama Rumi Institute
Sumber :
  • Nur Faishal/ Jatim Viva

JatimAsosiasi pemuda Buddha atau Young Buddhist Association gandeng Rumi Institute menggelar kajian lintas agama bertema “Religion of Love” Sabtu, 06 Mei 2023. Acara ini diikuti oleh ratusan peserta dari agama Buddha maupun non-Buddha.

5 Bangunan Rusak Diterjang Banjir Bandang di Munjungan Trenggalek

Kajian yang dilakukan di Voza Coworking Space itu menghadirkan dua tokoh dari dua agama, yaitu Bhante Jayamedho Thera, Pimpinan Sangha Theravada Indonesia Provinsi Jawa Timur, Dewan Pelindung Young Buddhist Association dari agama Buddha, dan Muhammad Nur Jabir, Direktur Rumi Institute.

Bhante Jayamedho menjelaskan bahwa dengan lepasnya identitas seseorang, maka dengan sesama akan bisa menemukan kebenaran murni, kebenaran yang diperoleh beyond the religion (di luar batas sekat agama).

Mobil Polisi di Tuban Dirusak Saat Bubarkan Konvoi, 10 Remaja Diamankan

"Nah, Rumi mengatakan Aku Bukanlah Orang Nasrani, Aku Bukanlah Orang Yahudi, Aku Bukanlah Orang Majusi, Aku Bukanlah Orang Islam. Keluarlah! Lampaui Gagasan Sempitmu Tentang Benar Dan Salah Sehingga Kita Dapat Bertemu Pada 'Suatu Ruang Murni' Tanpa Dibatasi Prasangka Atau Pikiran Yang Gelisah," kata Bhante mengutip puisi dari Rumi.

Menurutnya, perlu adanya tanggungjawab sebagai pemeluk agama untuk mempertanggungjawabkan agama itu bisa dipakai untuk perdamaian bukan untuk kekerasan

Polda Jatim Periksa 21 Saksi Kasus TPPU yang Seret Ahli Nuklir UGM

Bagi dia, apabila agama dipakai dengan alasan penertiban sosial dan peraturan agama membuat kekerasan terhadap umat manusia lainnya, maka disitulah agama dipakai oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. 

"Seharusnya umat beragama memberikan cinta murni kepada alam semesta agar menghasilkan harmoni dan perdamaian seperti matahari yang selalu senantiasa menyinari bumi ini karena cinta murninya. Oleh karena itu, saya setuju dengan ucapan dari Mahatma Gandhi yaitu God is Love,” ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title