Ratusan Nakes Geruduk DPRD Jatim Minta RUU Kesehatan Tidak Disahkan

Ratusan Nakes Geruduk DPRD Jatim
Sumber :
  • A. Thoriq/ Viva Jatim

JatimTenaga kesehatan dari IDI, PDGI, PPNI, IAI berunjuk rasa menolak RUU Kesehatan dan kehadiran tenaga kesehatan dari luar negeri ke Indonesia. Mereka mengekpresikan penolakan ini dengan mendatangi kantor DPRD Jawa Timur, Jalan Indrapura No 1 Surabaya, Senin 8 Mei 2023. 

Elektabilitas Anwar Sadad di Pilgub Jatim Capai 9 Persen Menurut Survei ARCI

Ratusan nakes tersebut pun disambut Wakil Ketua DPRD Jatim, Anwar Sadad dan Komisi E Bidang Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) di lantai 2 Ruang Paripurna. 

Ketua IDI Jatim Lestari menjelaskan, selama ini nakes Indonesia sudah berjuang memberikan berbagai pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Oleh karenanya, sepatutnya pemerintah juga memberikan suport dan dukungannya kepada para nakes dengan tidak mengesahkan RUU Kesehatan dan memasukkan nakes dari luar negeri. 

Khofifah Tak Tertandingi di Pilgub Jatim Versi ARCI, Cak Imin Ungguli Risma

“Kami menolah RUU Kesehatan, dan ancaman masuknya tenaga kesehatan dari luar negeri,” terang. 

Menurut Wakil Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jatim, dr Abdulloh Machin, ditolaknya RUU Kesehatan, sebab dari awal pembentukan RUU tersebut sudah tidak sesuai prosedur. 

Puskris Sebut Kesehatan Masyarakat Korban Gempa Bawean Terpantau Baik

"Kedua, juga adanya public hearing, ternyata itu hanya untuk legitimasi saja. Apa masukan dari organisasi profesi tidak diperhatikan," katanya.  

Pihaknya menggarisbawahi rancangan undang-undang tersebut lanjutnya, mulai dari perlindungan tenaga kesehatan, penguatan organisasi profesi serta penguatan kemandirian anak bangsa tidak sesuai keinginan para nakes. 

Halaman Selanjutnya
img_title