Hasil Survei Tiga Calon Capres Terkait Kejujuran dan Perhatian ke Rakyat, Siapakah Mereka?

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani
Sumber :
  • Viva.co.id

JatimDirektur Riset SMRC, Deni Irvani, memaparkan temuan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), bahwa pemilih menilai penting kalau capres harus punya 2 unsur yang penting yakni kejujuran dan perhatian pada rakyat.

Said Abdullah Bocorkan Rencana Pertemuan Megawati dengan Prabowo

Dalam pemaparan hasil surveinya yang disiarkan melalui kanal YouTube SMRC TV pada Minggu, 14 Mei 2023, menyebut kualitas personal capres menjadi pertimbangan pemilih. 

Hasil survei SMRC bertajuk “Kualitas Personal Capres di Mata Pemilih” yang dilakukan pada 30 April hingga 7 Mei 2023, menempatkan Ganjar Pranowo pada posisi teratas di kedua unsur tersebut.

Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga saat Hadiri Buka Puasa Partai Golkar

"Semakin positif kualitas personal seorang calon, semakin besar pula peluangnya untuk dipilih," kata Deni. 

Terdapat 40,7 persen publik menilai kejujuran sebagai sifat kepemimpinan terpenting seorang capres. Sedangkan capres yang perhatian pada rakyat dipilih 29,3 %. 

Momen Akrab, Prabowo dan Para Menteri Buka Bersama Ramadan 2024 bersama Joko Widodo

Adapun sifat lainnya yakni tegas 12,6 %; taat pada agama 12,2 %, dan pintar 3,7 %. Adapun yang belum menjawab sebesar 1,4 %. 

Dari 5 kriteria yang tertinggi itu, SMRC bertanya ke pemilih siapa yang memiliki itu dari ketiga bakal capres (Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan).

Halaman Selanjutnya
img_title