Presiden Ukraina Temui Paus Fransiskus di Vatikan, Ini yang Dibahas

Presiden Ukraina saat menemui Paus Fransiskus
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Konflik Rusia dan Ukraina masih terus berlanjut. Tak ada titik terang perdamaian di antara keduanya meski berbagai negara telah mencoba memediasi, termasuk Indonesia. Gempuran senjata terus diluncurkan berbalas-balasan.

ISIS Ancam Bunuh Presiden Rusia Putin gegara Marah Anggotanya Disiksa

Terkini, beredar kabar bahwa Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky bertemu Paus Fransiskus di Vatikan. Hal itu menyusul setelah Italia menjanjikan dukungan penuhnya untuk Kiev dalam pertahanannya melawan invasi Rusia.

“Ini suatu kehormatan besar,” kata Zelensky, meletakkan tangannya di dadanya dan menundukkan kepalanya saat dia menyapa Paus berusia 86 tahun, yang berdiri dengan tongkat karena masalah kesehatan.

Aksi Heroik Bocah Muslim Selamatkan Ratusan Orang dari Serangan Teroris di Rusia

Dilansir dari VIVA, Senin, 15 Mei 2023, dalam pertemuan yang berlangsung selama 40 menit, Zelensky meminta Paus untuk mendukung rencana perdamaian Kiev, dan paus mengindikasikan negara Katolik akan membantu pemulangan anak-anak Ukraina yang “diculik” oleh Rusia.

Dalam pernyataan tertulis, Vatikan mengatakan kedua pria itu berbicara tentang situasi kemanusiaan dan politik Ukraina yang dipicu oleh perang yang sedang berlangsung.

Sadisnya Interogasi Pelaku Terorisme di Rusia: Telinga Dipotong, Kelamin Disetrum

“Paus meyakinkan doanya yang terus-menerus, memberikan kesaksian melalui banyak seruan publiknya dan dengan terus memohon kepada Tuhan untuk perdamaian, sejak Februari tahun lalu,” tulis pernyataan, melansir The Independent.

Keduanya sepakat tentang perlunya melanjutkan upaya kemanusiaan untuk membantu penduduk. Paus menggarisbawahi khususnya kebutuhan mendesak akan 'isyarat kemanusiaan' terhadap orang-orang yang paling rapuh. 

Halaman Selanjutnya
img_title