Cerita Istiqamah Mbah Harun, Jemaah Haji Tertua Berusia 119 Tahun asal Pamekasan

Mbah Harun, Jemaah Haji Tertua Berusia 119 Tahun asal Pamekasan
Sumber :
  • A. Thoriq/Viva Jatim

Jatim –Sabar dan tawakkal kepada Allah mungkin yang selama ini dilakukan Mbah Harun, salah satu jamaah haji dari Kabupaten Pamekasan Madura yang tergabung dalam kloter 6 yang terdiri dari jemaah haji asal 3 daerah, yakni Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Pacitan, dan Kota Surabaya. 

Khofifah Tak Tertandingi di Pilgub Jatim Versi ARCI, Cak Imin Ungguli Risma

Doanya diijabah Allah dan berangkat ke tanah suci di usianya yang ke 119 tahun. Dalam musim haji di tahun 2023 ini, Mbah Harun menjadi jemaah yang tertua yang diberangkatkan dari embarkasi Surabaya

Karena usia inilah Mbah Harun mendapat kunjungan khusus dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Melalui penerjemahnya, Mbah Harun menuturkan bahwa saat ini badannya sangat sehat, dan semangat untuk melaksanakan ibadah haji tahun 2023 ini. Dirinya berharap, segala doa dan keinginannya dikabulkan saat di tanah suci nanti. 

Kasus Anggota TNI Dikeroyok Warga di Pamekasan, Polisi: Masih Diselidiki

"Terkabulkan seluruh hajat dunia akhirat, selamat dunia akhirat. Alhamdulillah, sehat," ucapnya singkat. 

Beruntungnya, dalam menunaikan rukun islam ke lima ini, Mbah Harun tidak sendiri. Ia didampingi ponakannya yang berusia 63 tahun. Melalui penerjemahnya, ia menuturkan kondisi fisiknya saat ini sehat. 

Kemenag Jatim Undi Urutan Daerah Keberangkatan Jemaah Haji, Ini Hasilnya

Rajin Beribadah 

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Khofifah mengungkapkan, kondisi fisik Mbah Harun yang fit salah satunya disebabkan kesehariannya sudah tidak ada kegiatan lain kecuali beribadah, dan istiqamah membaca al quran. Bahkan ia tidak membutuhkan kursi roda untuk membantu kelancaran ibadah haji. 

Halaman Selanjutnya
img_title