Erdogan Menang, Nasib Kaum LGBT di Turki Diambang Kehancuran

Recep Tayyip Erdogan, Presiden Turki Terpilih
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Pada pemilihan putaran kedua, Recep Tayyip Erdogan terpilih kembali menjadi Presiden Turki, Senin, 29 Mei 2023 kemarin. Ia pun merayakan kemenangannya setelah berhasil mengalahkan rival sengitnya, Kemal Kilicdaroglu.

Begini Pesan Presiden Vladimir Putin terhadap Kaum LGBT

Dalam masa kepemimpinan dekade ketiga ini, Erdogan pun menyerang kaum minoritas LGBT di negara yang dipimpinnya itu. Hal ini pun membuat nasib kaum LGBT berada di ambang kehancuran.

Berbanding terbalik dengan arah politik lawannya, Kemal Kilicdaroglu yang justru akan memperjuangkan nasib kaum LGBT. Namun perjuangan Kemal harus kandas karena kalah dari Erdogan. 

Turki Desak Rusia Bangun Koalisi Militer, Ikut dalam Perang Timur Tengah

Dalam pidato kemenangannya di distrik Uskudar di Istanbul, tiga jam setelah pemungutan suara ditutup, Erdogan mengklaim telah mencapai kemenangan atas lawan sengitnya Kemal Kilicdaroglu.

Dia terus menyerang orang-orang yang masuk dalam golongan LGBT, dan mengatakan oposisi (pihak Kemal) mempromosikan hak-hak gay.

Timnas Indonesia Kalah lagi dari Libya, Begini Penjelasan Shin Tae Yong

"Dalam budaya kami, keluarga itu sakral. Tidak ada yang bisa ikut campur. Kami akan mencekik siapa saja yang berani menyentuhnya,” katanya kepada pendukungnya, dikutip dari VIVA, Selasa, 30 Mei 2023. 

"Kami tidak akan membiarkan LGBT menang," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title