Labuh Laut Larung Sembonyo: Lestarikan Budaya Plus Bangkitkan Ekonomi Warga Trenggalek

Suasana Labuh Laut Larung Sembonyo Teluk Prigi.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

JatimEvent tahunan yang ditunggu-tunggu masyarakat pesisir selatan Trenggalek adalah Labuh Laut Larung Sembonyo di Teluk Prigi. Kali ini dikemas sedemikian rupa ' Prigi Beach Carnival', tak hanya upacara adat nguri-nguri melestarikan budaya sekaligus bangkitkan ekonomi.

Bupati Trenggalek Berangkatkan 7 Bus Balik Gratis ke Surabaya

Bupati Trenggalek, Moch Nur Arifin menjelaskan agenda ini merupakan wujud rasa syukur nelayan atas hasil tangkapan yang melimpah selama ini. Lalu, tidak hanya menjadi ajang hiburan, labuh laut ini diharapkan memberikan dampak daya tambah ekonomi masyarakat. 

"Ini acara tahunan, acara adat larung sembonyo. Ternyata ketika kita melestarikan adat ada efek ungkitan  di sektor ekonomi," beber  di panggung Prigi 360, Sabtu, 3 Juni 2023.

Bandara Dhoho Kediri Beroperasi, Pemkab Trenggalek Siapkan Kalender Event

Mas Ipin, sapaan akrabnya mengaku pengemasan event Labuh Laut Larung Sembonyo lengkap dengan Festival Prigi Carnival baru pertama. Sehingga ia berharapkan bisa menjadi agenda rutin tahunan yang kemudian bisa mengangkat ekonomi masyarakat.

"Tujuannya tentu acara adat larung sembonyo menjadi satu momentum menarik, di mana ada budaya sedekah laut yang dilestarikan menjadi atraksi yang menarik bagi masyarakat yang lain," terangnya. 

Sambut Lebaran, Bupati Trenggalek Apresiasi Kontraktor Kebut Peningkatan Jalan 2,9 Kilometer

Pemkab Trenggalek bakal menambah lagi event-event seperti ini guna menambah minat wisatawan yang berkunjung ke pesisir selatan. Terlebih, kota kripik ini memiliki banyak pantai yang bagus. Ditambah lagi didukung infrastruktur yang sudah jadi, meskipun JLS belum izin operasional.

Mas Ipin menambahkan, kelak akan segera dibuka JLS, Bandara Kediri juga Agustus akan di uji coba penerbangan pertama dan Desember baru akan dibuka untuk publik. Selanjutnya, tol yang sampai ke perbatasan Trenggalek-Tulungagung akan menjadi sebuah peluang.

Halaman Selanjutnya
img_title