Puluhan Perahu Meriahkan Labuh Laut Larung Sembonyo di Trenggalek, Ribuan Warga Ikut Menyaksikan

Ribuan warga padati Larung Sembonyo Prigi
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

JatimLabuh Laut Larung Sembonyo Teluk Prigi Trenggalek masih menjadi event yang ditunggu-tunggu. Buktinya, ribuan masyarakat rela berjubel untuk menyaksikan prosesi adat Larung Sembonyo di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Prigi, Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Trenggalek.

Nelayan Enggan Gunakan Jaket Keselamatan saat Melaut karena Ribet

Pantauan Viva Jatim, ribuan warga melihat dengan antusias mulai tumpeng diarak dari Pantai Cengkrong, melewati Pantai Prigi 360, dan bergeser ke TPI Prigi. Selepas didoakan oleh sesepuh setempat, tumpeng dibawa ke tengah laut.

Meski tumpeng dan satu paket sesajen lainnya hanya dibawa oleh dua perahu, namun puluhan perahu milik warga ikut meramaikan Larung Sembonyo. Bagi yang tak terangkut perahu, pengunjung melihat dengan saksama di sisi selatan TPI Prigi.

6 Perahu Dikerahkan Tim SAR Cari Nelayan Hilang di Prigi Trenggalek

"Hari ketiga itu ada arak-arakan upacara adat. Yang di arak ada buceng dan dua yang sudah dilarung, biasanya dibelakangnya para tokoh nelayan dan masyarakat yang berpartisipasi untuk meramaikan acara tersebut," ungkap Ketua Pelaksana Labuh Laut Larung Sembonyo, H Abi Suprapto, Sabtu 3 Juni 2023.

Abi mengaku, Larung Sembonyo di Teluk Prigi dengan upacara adat ini diselenggarakan pada Bulan Selo (penanggalan Hijriyah bulan Dzulkaidah). Pada waktu itu, dari keturunan Mataraman jatuhnya pada Senin Kliwon. Lalu, supaya nelayan bisa menyesuaikan jadi yang diambil pasaran Kliwon, tapi biasanya hampir berdekatan hari Raya Waisak.

Bupati Trenggalek Sambut Baik Investasi Ternak Sapi Perah, Asal Libatkan Masyarakat

Ia mengaku, dalam rangkaian adat Sembonyo ada larangan-larangan tidak boleh melaut selama empat hari. Acara hari pertama yaitu Pengajian Umum, disambung dengan malam tirakatan, tasyakuran ada istigasahnya, setelah malam itu ada kleningan tayub memang sudah satu paket upacara adat.

"Harapannya kepada seluruh warga masyarakat nelayan, khususnya Watulimo umumnya Kabupaten Trenggalek merasa bersyukur, setiap tahun kegiatan dari pekerjaan nelayan bisa mendapatkan hasil yang melimpah," ulasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title