Ketahui Titik Pijat yang Ampuh Atasi Sakit Kepala hingga Susah Tidur

Ilustrasi sakit kepala
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Seorang pakar kesehatan dr Fenny Yunita mengatakan bahwa di bagian tubuh terdapat titik-titik yang tepat untuk dipijat guna mengatasi sejumlah keluhan. Seperti nyeri di kepala, pinggang, hingga susah tidur. Titik itu berada di area kaki dan tangan.

Mau Awet Muda seperti Ade Rai? Hindari 10 Makanan Ini, Nomor 7 Tak Disangka

Kaki dan tangan, diketahui, merupakan bagian tubuh yang paling mudah dijangkau serta cukup aman untuk dilakukan pijatan. Keduanya juga menjadi penyangga dengan titik yang tepat untuk ditekan atau dipijat guna meredam nyeri yang dialami. 

Menurut dokter Fenny, titik untuk stimulasi tersebut bisa ditekan dengan memakai beberapa barang. Mulai dari jarum, biji-bijian khusus, alat pijat, hingga yang paling mudah adalah jari sendiri serta pensil bagian tumpul.

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

"Untuk sakit kepala, titik paling aman di tangan. Rapatkan tangan dan di punggung tangan akan terlihat tonjolan di antara jempol dan telunjuk. Pijat 30-60 detik. Dalam penelitian, saat ditekan maka hormon endorfin diproduksi jadi rasa nyeri berkurang. Boleh 2-3 kali sehari," ujarnya, dikutip dari VIVA, Selasa, 6 Juni 2023.

Sakit kepala juga bisa diredam dengan menekan di bagian wajah, namun tidak disarankan bagi wanita hamil karena khawatir memicu kontraksi. Di bagian wajah, titik yang dapat ditekan adalah antara ujung alis dan sudut mata. Selain itu, sakit kepala juga dapat dikurangi dengan menekan bagian belakang kepala.

Aneka Manfaat Tempe untuk Kesehatan, Jadi Sumber Protein Terbaik

"Belakang kepala, bagian kanan kiri ada cekungan, bisa tekan pakai ibu jari tangan sendiri," tambahnya.

Dengan memakai jari atau pensil, dokter Fenny menyebut bahwa dapat meminimalisir bahaya memar yang mungkin muncul saat menekan bagian tubuh dengan jarum atau alat pijat lainnya. Sementara itu, untuk redam nyeri pinggang dapat dilakukan dengan ibu jari pada titik yang tepat.

Halaman Selanjutnya
img_title