Panji Gumilang Sebut Nasab Nabi Muhammad Kini Sudah Tiada

Pendiri Pondok Pesantren AL Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • Viva.co.id

Jatim – Pernyataan kontroversial kembali dilontarkan seorang Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu, Panji Gumilang. Dengan tegas ia menyebut bahwa hari ini keturunan atau nasab Nabi Muhammad SAW sudah tiada.

Semangati para Guru di Surabaya, Sadad: Tak Mudah Jadi Pendidik di Era Sekarang

Pernyataan itu disampaikan Panji Gumilang di hadapan para santrinya dengan mengutip Surah Al Qur'an ayat 30. Dikutip dari akun TikTok Hery Patoeng, Senin, 19 Juni 2023.

“Nabi Muhammad sudah ngendiqo ‘maa kaana muhammadun abaa ahadin min rjaalikum’. Muhammad qui, duduk bapak daripada kaum lelakimu,” kata Panji. 

Mengulas Jejak Karier 5 Keturunan Nabi yang Jadi Perwira TNI

Atas dasar itu, Panji lantas menyebut bahwa garis keturunan Nabi Muhammad SAW di Indonesia yang banyak ditemukan di Indonesia merupakan hal aneh. Bahkan ia menyebut bahwa keturunan Nabi merupakan identitas yang aneh.

“Sekarang orang menonjolkan keturunan Nabi Muhammad. Aneh! Itu identitas aneh. Karena hidungnya mancung, terus ngaku-ngaku ‘saya habib’,” ujar Panji Gumilang.

Berkas Dinyatakan P21, Panji Gumilang Siap Diseret ke Meja Hijau

Lebih lanjut, Panji menyinggung saat ini di Indonesia telah banyak dijumpai orang yang mengaku-ngaku keturunan Rasulullah SAW. Menurutnya, mereka yang mengaku sebagai keturunan Nabi SAW tidak memahami betul isi Al-Qur'an.

“Walaupun hidung mancung, ada sedikit brewok kemudian dia ngaku ‘saya berdarah (bernasab) nabi’ itu bisa paham kita itu, aneh orang ini, gak baca Alquran apa,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
img_title