Ketua DPD RI Ungkap Strategi Penguatan Ekonomi Desa

Ketua DPD RI, La Nyalla Mattalitti
Sumber :
  • Viva.co.id

Jatim – Kelembagaan di tingkat desa merupakan elemen penting dalam mewujudkan kemajuan Indonesia. Karena itu, Ketua DPD RI, AA LaNyalla M Mattaliti memberikan strategi jitu dalam menguatkan ekonomi desa melalui stimulus Dana Desa yang telah digelontorkan selama ini.

Dua Kali Mangkir, Kades di Mojokerto Ditangkap Polisi Gegera Korupsi DD Rp360 Juta

Hal ini diungkapkan LaNyalla dalam Sarasehan Asosiasi Kepala Desa (AKD) Gresik dengan tema Otonomi Desa untuk Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat di Gresik, Minggu 18 Juni 2023.

"Yang paling utama adalah kesatuan orientasi dari pemangku kebijakan di desa. Baik itu Kepala Desa, maupun Badan Permusyawaratan Desa dan seluruh stakeholder lainnya," ungkapnya, dikutip dari VIVA, Senin, 19 Juni 2023.

DPD RI Bentuk Pansus Kecurangan Pemilu 2024 di Sidang Paripurna

Para stakeholder ini, lanjutnya, berorientasi menentukan potensi unggulan yang harus digali dan diwujudkan untuk menjadi kekuatan ekonomi. Potensi desa harus dipilih dan ditentukan. Karena antara satu desa dengan desa lainnya tentu memiliki perbedaan potensi.

"Kesepakatan ini harus lahir dari stakeholder di desa tersebut. Bukan lahir dari program pemerintahan di atas desa. Bukan atas arahan bupati, gubernur atau presiden sekalipun. Karena yang lebih tahu potensi desa, adalah warga di desa itu. Artinya bukan Top Down. Tapi harus Bottom Up," tutur dia.

Komeng Ingin Indonesia seperti Korsel: Menjajah Negara Lain dengan Seni Budaya

Oleh karena itu, DPD RI mendorong revisi UU Nomor 6 Tahun 2014 untuk lebih memberi ruang otonom kepada Desa. Termasuk dalam penentuan skala prioritas penggunaan Dana Desa. 

“Meskipun di UU yang sekarang ini, kemandirian desa juga telah diberikan, tapi kan Kepala Desa masih merasa tertekan dengan penentuan alokasi dana desa dari pusat,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title