Panji Gumilang: Soal Saf Salat Dicampur, Saya Kedepankan Fikih Sosial

Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • Viva

Jatim – Pemahaman nyeleneh pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) AL Zaytun Panji Gumilang dikupas di acara Kick Andy pada Rabu 28 Juni 2023, termasuk persoalan saf salat antara laki-laki dan wanita yang dicampur. 

Santri Pesantren di Lamongan Diduga Dianiaya Teman, Tangan-kaki Diikat Lalu Dibanting

Dia mengaku hanya ingin mengangkat martabat seorang perempuan. "Saya mengedepankan fikih sosial, mengangkat harkat, martabat wanita yang selama ini terpinggirkan. Baru dimulai dalam politik, itupun hanya 30%," kata Panji 

Menurutnya, laki-laki dan perempuan harus sejajar. Dia mengatakan pemahaman yang dimilikinya berdasarkan Alquran sama sepertinya umat muslim lainnya. 

Pancing Amarah Warga Madura, 3 Konten Kreator Film Guru Tugas Ditangkap Polisi

"Pemahaman saya dari Alquran, harus sejajar. Kalau soal itu saja dibilang menyesatkan, gimana dunia? Itu hak asasi manusia untuk menjalankan ibadah menurut keyakinannya," ujarnya.

Panji juga mengaku tidak masalah ketika pihak lain menyebut pemahaman yang dianutnya menyimpang. Bagi dia, hal itu, tak bisa disamakan antara pemahaman satu orang dengan yang lainnya. 

6 Syarat Murid agar Mendapatkan Ilmu Menurut Sayyidina Ali

"Itu anggapan yang tidak sama dengan anggapan kita, ya oke-oke saja. Wong saya juga tidak menyalahkan orang itu. Ini lah kebebasan beragama, siapapun tidak boleh memberikan stigma," katanya.

Pun, Panji menyampaikan, kurikulum yang dipakai di Al Zaytun berdasarkan Kementerian Agama. Maka itu, ia membantah pernyataan bahwa Ponpes yang dipimpinnya menganut ajaran sesat.

Halaman Selanjutnya
img_title