Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Sebut Pil KB Picu Kegemukan hingga Kanker

Ilustrasi Pil KB
Sumber :
  • Viva.co.id

Jakarta, VIVA Jatim- Dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultan fertilitas, endokrinologi dan reproduksi, Dr dr Muharam Natadisastra, SpOG, mengatakan bahwa efek samping pil KB berbeda pada tiap wanita. Akan tetapi, perubahan berat badan menjadi dampak yang cukup dominan dikeluhkan oleh sebagian besar wanita. 

Spesialis Kulit dan Kelamin Beri Saran Masalah Kulit yang Rentan Dialami Wanita Hamil

Sebagaimana diketahui, Pil KB merupakan salah satu alat kontrasepsi yang dapat menunda kehamilan, namun kerap dianggap memicu bahaya kesehatan bagi kaum hawa. Menjadi alat kontrasepsi dengan harga yang terjangkau, tak lantas membuat pil KB terhindar dari berbagai efek samping seperti perubahan berat badan hingga sel kanker. 

“Jadi kadang-kadang beberapa pil KB ada yang bikin gemuk, cairan jadi numpuk di badannya. Untuk orang yang biasa-biasa, mungkin bisa ginjalnya ngeluarin cairan. Tapi kadang beberapa sensitif, bikin gemuk, enggak bagus," ujarnya dalam acara media beberapa waktu lalu.

Wanita Haid di Bulan Ramadan Tetap Bisa Raih Pahala, Lakukan 6 Amalan Ini

Menurut dokter Muharam, pil KB cukup berdampak pada tubuh lantaran mengandung dua zat tambahan yaitu hormon estrogen dan progesteron. Hormon buatan ini memengaruhi tubuh yang dapat menahan cairan sehingga berdampak pada berat badannya.  

Sayangnya, sejumlah masyarakat justru menganggap pil KB sebagai obat alternatif yang berisiko pada masalah hormonal hingga kesehatan tubuh.Bahkan, pemakaian pil KB yang berlebihan dapat menganggu hormonal lantaran ada kadar prolaktin berlebihan sehingga berisiko membahayakan penglihatan dan kebutaan.

Ini Dia Titik Paling Sensitif Wanita menurut Seksolog, bikin Orgasme Lebih Greget!

“Kalau ada gangguan haid, kalau (masyarakat) di daerah, suka gitu tuh, biasanya pancing saja dengan pil KB. Jangan, hati-hati. Jangan main asal pancing," ujarnya. 

Tak hanya itu, pil KB yang digunakan dengan kadar berlebihan dan asal pakai akan berdampak pada tumor hingga bahaya keganasan atau kanker.

Halaman Selanjutnya
img_title