Wanita Haid di Bulan Ramadan Tetap Bisa Raih Pahala, Lakukan 6 Amalan Ini

Ilustrasi berdoa
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Bulan Suci Ramadan adalah kesempatan baik bagi setiap manusia untuk memperbaiki diri dan kian mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta, Allah SWT. Berbagai upaya yang dilakukan antara lain, rajin beribadah, tadarus Al-Qur'an, salat dan lain sebagainya.

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Namun bagi wanita yang tengah haid atau menstruasi, tentu tidak bisa semudah itu melakukan ibadah-ibadah keagamaan. Dalam ajaran Islam, menstruasi atau haid masa dimana seorang wanita sedang dalam keadaan tidak suci atau kotor. Karena itu, haram baginya untuk melakukan sejumlah ibadah.

Lantas bagaimana agar seorang wanita yang haid masih bisa meraih keutamaan Ramadan meski tidak ikut serta berpuasa dan beribadah lainnya? Berikut ini 6 amalan yang bisa dilakukan wanita Haid selama Ramadan, dikutip dari VIVA, Senin, 11 Maret 2024.

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

1. Berdoa

Tidak puasa dan salat bukan berarti lepas semua ibadah, bagi perempuan yang sedang menstruasi bisa menggantinya dengan memperbanyak doa, meminta ampunan, keberkahan hidup, kesehatan serta keselamatan dunia akhirat.

Skor 97 Persen, PT Smelting Raih Predikat Gold Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan

2. Rajin Membaca Al-Quran

Amalan berikut ini tidak kalah pentingnya. Apalagi kalau bukan rajin membaca Quran selama bulan suci Ramadhan. Seorang muslimah bisa membaca dengan menggunakan perantara sebelum menyentuh mushaf atau dengan menggunakan aplikasi yang tersedia pada gawai. Cara lain, muslimah bisa mengikuti dari bacaan Al-Quran yang telah direkam sebelumnya dan diunggah di beberapa media sosial.

Halaman Selanjutnya
img_title