Aksi Maling Gasak Uang Kotak Amal Musala di Mojokerto Terekam CCTV, Modusnya Pura-pura Salat

Aksi Maling Gasak Uang Kotak Amal Musala
Sumber :
  • M. Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA  Jatim- Aksi maling terekam CCTV sedang mencuri uang kotak amal sebuah musala di Dusun Sanggrahan, Desa Ngingasrembyong, Kecamatan Sooko, Mojokerto. 

Polisi Ungkap Modus Pemimpin Ponpes Cabuli 4 Santri di Trenggalek

Aksi pencuaria itu terjadi di Musala Baitul Muslimin pada Kamis, 6 Juli 2023. Aksi pelaku tergolong nekat karena dilakukan pada siang bolong sekitar pukul 12.30 WIB dengan modus berpura-pura akan melaksanakan salat.

Terlihat dalam rekaman video CCTV, pelaku datang seorang diri mengenakan kaos lengan panjang dan celana panjang warna hitam. Ia nampak berjongkok membongkar kota amal yang terletak di pojak kanan musalla. 

Jatuh dari Balkon Musala, Siswa SMP Tewas Usai Ujian di Lamongan

Setelah kotak terbuka, pelaku dengan santai mengambil semua uang di dalamnya. Setelah selesai menjarah uang di kotak amal, pelaku berdiri dan mondar-mondir mengamati situasi. Lalu, pelaku berjalan keluar musala. 

Salah seorang warga Iksan (60) mengatakan, uang kotak amal itu diketahui raib pada Jumat, 7 Juli 2023 lalu setelah subuh. Saat itu, Imam Musala hendak mengambil Al-Qur'an. Namun, sang Imam yang diketahui bernama Bukhori itu merasa janggal karena posisi Al-Quran tidak seperti biasa. 

Berbekal Rayuan, Pria Jakarta Bawa Kabur Motor Belasan Korban Kurun 4 Bulan

"Bisanya Al-Qur'an diletakkan diatas kotak amal, lah kok dipindah, curigalah dia," katanya saat dikonfimasi di kediamannya yang terletak tepat di depan musala tersebut, Minggu , 9 Juli 2023. 

Karena curiga Bukhori pun mengangkat kotak amal yang terbuat dari kayu itu. Ternyata kotak amal tersebut terdapat bekas congkelan. Kondisi serupa juga ditemukan di kotak amal yang terbuat dari kaca di ruang salat wanita. Setelah diteliti lebih dalam, ternyata memang benar uangnya hilang. 

Halaman Selanjutnya
img_title