Sambut 1 Syuro, Tradisi Semaan Al-Qur'an dengan Ratusan Huffadz Digandrungi Warga Trengggalek

Suasana 'Semaan Al-Qur'an' banyak air botol mengharap berkah
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim-Tahun Baru Islam 1 Muharram atau 1 Syuro, bagi masyarakat Jawa biasanya diperingati di berbagai daerah dengan berbagai kegiatan. 

PDIP Kuasai DPRD Trenggalek, PKB Posisi Kedua

Salah satunya seperti kegiatan yang dilaksanakan di Desa Senden Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek dengan menggelar 'Semaan Al-Qur'an bil Ghoib' oleh 120 huffadz (penghafal).

Ada yang menarik, total titik lokasi semaan tersebar di 30 Masjid dan Musala se-Desa Senden. Serta disamping hufadz yang membaca Al-Qur'an terdapat botol air mineral yang diletakkan oleh warga untuk mengharap berkah washilah pembacaan Al-Qur'an.

Ratusan Pedagang Bakal Geruduk Pendapa Trenggalek gegara Retribusi Mencekik

"Banyak warga yang meletakkan air mineral di depan para hufadz. Bahkan ada garam (untuk masak di dapur) yang disandingkan di dekat para hufadz ketika mengaji. Ini merupakan tradisi mencari berkah dengan wasilah bacaan Al Qur'an," ungkap salah satu tokoh masyarakat Desa Senden, Imam Mujtahid, Rabu, 19 Juli 2023.

Menurutnya, semaan Al-Qur'an bil Ghoib diinisiasi oleh Pengurus Ranting NU Desa Senden bekerjasama dengan masyarakat Desa. Acara ini sudah berjalan sekitar 5 tahun bertempat di 30 masjid-mushola.

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

Imam menjelaskan setiap masjid-mushola diisi oleh 4 sampai 6 hufadz dengan total keseluruhan 120 orang. Ratusan hufadz merupakan penghafal bekerjasama dengan  Pengasuh Pondok yang berada di Desa Melis Kecamatan Gandusari Trenggalek, KH Zuhdi.

"Saya serahkan kepada beliau, lalu dicarikan dari beberapa daerah ada yang dari Trenggalek, Tulungagung, Kediri, dan Blitar," paparnya.

Halaman Selanjutnya
img_title