Awas Hati-Hati, Ada Penipuan Penjual Abate Mengaku Petugas Koperasi Veteran di Nganjuk

Pelaku Penipuan Abate
Sumber :
  • Haafidh Nur SY/VIVA Jatim

Nganjuk, VIVA Jatim –Seorang warga Jombang, Jawa Timur berinisial IW (39) diamankan ke Koramil Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk karena diduga menjual abate (obat anti jentik nyamuk) palsu, Senin 10 Juli 2023. Bahkan penjualan tersebut di jual secara paksa yang mengastamakan dari Primer Koperasi Veteran Republik Indonesia (Primkoveri). 

3 Pelaku Sindikat Penggelapan Mobil Rental Milik Warga Mojokerto Diringkus

Hal itu bermula ketika beberapa warga Ngluyu mengeluh dengan adanya dua orang yang mengaku dari Primkoveri menjual abate seharga Rp 10 ribu per tiga bungkus dan menggunakan bahasa memaksa supaya warga mau membelinya.

"Ada sekelompok orang  datang kerumah sekitar pukul 10.00 WIB  dan langsung menawarkan tiga bungkus abate dengan harga Rp 10 ribu dan Rp 4 ribu satu bungkus," terang Nadia salah satu warga Ngluyu kepada Viva Jatim.

Hindari Penipuan, Kemenag RI Imbau Masyarakat Tidak Tergiur Tawaran Visa Haji Tanpa Antre di Medsos

Disampaikan oleh Nadia, jika banyak warga yang dipaksa membeli serbuk abate . Warga yang merasa curiga dengan gelagat pelaku, kemudian mengamankan kedua pelaku di Koramil Ngluyu.

Saat di interogasi oleh petugas, pelaku mengatakan bahwa ia menjual abate kepada warga bersama dengan 2 orang rekannya dalam satu desa. Ia mengaku naik ojek saat pergi ke wilayah Ngluyu.

Selama Libur Lebaran, Satlantas Polres Nganjuk Siapkan Bengkel Keliling Gratis Layani Pemudik

Sementara itu, Andri Teguh selaku Perawat Desa setempat mengatakan bagi masyarakat yang dipaksa membeli abate apalagi dengan harga tinggi laporkan saja pada aparat atau pihak yang berwajib.

"Padahal pemerintah memberikannya secara cuma-cuma (gratis)," pungkasnya.