Hilang saat Lempar Jumrah, Jemaah Haji Probolinggo Ditemukan Wafat di RS

Ilustrasi jenazah
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimJemaah Haji asal Muneng Kidul, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Niron Sunar Suna (65) kini ditemukan wafat di rumah sakit Annur Mina, Makkah, Arab Saudi. Sebelumnya ia diketahui menghilang saat melakukan lempar jumrah di Mina.

200 Calon Jemaah Haji Situbondo Gagal Berangkat

Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur, Husnul Maram mengatakan, informasi ditemukannya Niron dalam kondisi wafat diterima langsung dari jemaah haji bernama Hartono, Ketua Kelompok Terbang 65.

"Inggih, benar [informasi tersebut]," katanya dikonfirmasi Viva Jatim, Rabu, 12 Juli 2023.

195.917 Visa Jemaah Haji Indonesia Sudah Terbit, Calon Tamu Allah Bersiaplah

Maram menambahkan, bahwa hingga kini jenazah Niron masih berada di kamar mayat rumah sakit setempat. Dilihat dari ciri-ciri, jenazah itu dipastikan adalah Niron yang hilang saat lempar Jumrah. Pun juga istrinya membenarkan hal itu.

"Ciri-ciri yang ada, seperti sarung, baju, dan lain sebagainya, sudah diyakini oleh Istri, bahwa itu jenazah Pak Niron," ujar Maram.

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

Maram sebelumnya menjelaskan, hilangnya Niron bermula ketika bermula ketika KBIH yang diikuti Niron dan istrinya serta beberapa anggota jemaah haji lainnya berangkat dari tenda untuk melempar jumrah pada 29 Juni 2023, setelah Subuh. Padahal, jadwal melempar jumrah yaitu pada pukul 16.30 waktu setempat.

"Tetapi oleh KBIH mengambil [pelaksanaan melempar jumrah) awal, yakni bakda Subuh, sehingga oleh petugas sudah diketahui, tapi itu di luar jadwal. KBIH-nya mungkin menginginkan [lebih awal karena] dingin suasananya," ujar Maram.

Halaman Selanjutnya
img_title