Pemasangan Girder Mulai Dilakukan pada Pembangunan Fly Over Aloha Sidoarjo

Pemasangan Girder pada Fly Over Aloha Kabupaten Sidoarjo
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Sidoarjo, VIVA Jatim – Tahap pembangunan Fly Over (FO) Aloha di Kabupaten Sidoarjo sudah memasuki pemasangan girder perdana, Kamis 13 Juli 2023. Girder merupakan gelagar jembatan berupa balok beton yang diletakkan memanjang diantara pilar penyangga.

Emil Dardak Ungkap Penyebab Banjir di Waru Sidoarjo

Menurut keterangan pers yang diterima Viva Jatim, Kamis 13 Juni 2023, girder perdana dipasang membentang dari titik 8 FO A hingga ke titik 9 FO A yang berada di area Taman Monumen Ilyushin dan Monumen Djuanda.

Kepala BBPJN Jatim Bali Rakhman Taufik saat meninjau langsung pemasangan girder perdana menyampaikan, tahapan ini cukup krusial dalam pembangunan FO Aloha.

Istri Hamil Tua, Sekuriti Pabrik di Sidoarjo Nekat Curi Mobilnya Sendiri yang Digadaikan

"Pada prinsipnya pemasangan girder memerlukan perhitungan yang matang dan mengedepankan prinsip kehati-hatian. Nantinya akan ada evaluasi untuk pemasangan girder ini, sehingga dapat meminimalisir resiko dan kesalahan dalam bekerja," ujar Rakhman.

Dalam kesempatan tersebut, PPK 34 Provinsi Jatim meliputi Surabaya-Waru-Sidoarjo, I Made Gede Widhiyasa menyampaikan, untuk target pemasangan girder hari ini sebanyak tiga balok.

Penampakan Luxio Ringsek Usai Disambar Kereta Api di Jombang dan Tewaskan 6 Orang

"Kami menargetkan hari ini terpasang tiga balok girder, kami upayakan pekerjaan tidak sampai malam hari. Untuk mengantisipasi kecepatan angin dan kondisi cuaca pada waktu pemasangan girder nanti akan dievaluasi lagi untuk waktu siklus dan tahapan proses pemasangan setiap balok girder. Jika hari ini tanpa kendala, maka target pemasangan balok girder per hari bisa ditingkatkan dengan tetap menjamin aspek keselamatan dalam pelaksanaannya," beber Gede.

Lebih lanjut Gede menyampaikan, FO A dan FO B nantinya terdiri dari 24 Pilar dan empat abutment dengan tipe bangunan atas adalah PCU girder sebanyak 69 balok.

Halaman Selanjutnya
img_title