Daop 7 Mencatat, 20 Ribu Penumpang Selama Libur Panjang Turun di Stasiun Tulungagung

Penumpang KAI di wilayah Daop VII Madiun
Sumber :
  • Humas Daop VII

Tulungagung, VIVA Jatim –Momen libur panjang siswa sekolah di tahun ajaran baru 2023/2024 jadi alasan masyarakat menggunakan layanan transportasi kereta api untuk berlibur atau mengunjungi sanak family yang ada diluar daerah. PT KAI Daop 7 Madiun mencatat, jumlah penumpang yang turun di Stasiun Tulungagung mencapai 20.644 orang.  

Pemudik Penuhi Stasiun Stasiun Daop 8 Surabaya saat Puncak Arus Balik Lebaran 2024

Wakil Kepala Stasiun Tulungagung, Supanca Ibandrianto menjelaskan bahwa jumlah tersebut sesuai darai data PT KAI Daop 7 Madiun periode libur sekolah 20 Juni sampai 13 Juli 2023. Untuk Stasiun Tulungagung jumlah penumpang berangkat 12.514 dan datang 20.644 orang.

"Kalau kedatangan kebayakan dari Stasiun Pasar Senen. Sedangkan untuk keberangkatan kebanyakan ke Jakarta, Lempuyangan dan Semarang Tawang," ungkap Supanca Ibandrianto saat dikonfirmasi, Jum'at, 14 Juli 2023.

Titik Balik Edukasi Keselamatan Perlintasan Sebidang Kereta di Tulungagung

Pihaknya mengaku, saat musim liburan seperti ini tidak terdata khusus per setiap hari. Berbeda saat Liburan Natal dan Tahun Baru dan Hari Raya Lebaran yang setiap hari ada data bisa diketahui jumlah penumpang.

Supanca mengatakan kenaikan saat wekeend terakhir pada hari Sabtu-Minggu, 15-16 Juli 2023 mendekati masuk sekolah didominasi KA Lokal. Menurutnya, penumpang masih memilih KA Jarak Jauh dengan banyak pilihan untuk kereta yang akan digunakan sebagai moda transportasi.

8 Jalur Perlintasan KA Sebidang di Tulungagung Diusulkan Pembangunan

"Kalau Kereta Api Jarak Jauh, penumpang rancak sih karena banyak pilihannya. Merata semua Kereta Api Jarak Jauh, karena penumpang nyari yang ekonomi dulu. Jika kehabisan baru cari yang exekutif," tandasnya.

Sementara itu, Manager Humas Daop 7 Madiun, Supriyanto menjelaskan mulai 20 Juni hingga 13 Juli 2023 sebanyak 353.060 penumpang. Jumlah itu terdiri dari 172.024 naik dan 181.036 turun dari stasiun wilayah Daop 7 Madiun yang terdiri dari Stasiun Madiun, Stasiun Jombang, Stasiun Kertosono, Stasiun Kediri, serta Stasiun Tulungagung.

Halaman Selanjutnya
img_title