Pemkot Surabaya Terapkan Barikade buat Penonton Festival Seni Lintas Budaya

Festival Seni Lintas Budaya Pemkot Surabaya
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bakal menggelar Surabaya Cross Culture International Folk Art Festival (SCCIFAF) atau Festival Seni Lintas Budaya pada Minggu besok, 16 Juli 2023. Pagelaran yang sempat terhenti 3 tahun akibat Pandemi Covid-19 ini dipastikan akan berlangsung meriah. 

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

Untuk itu, pihak penyelenggara, khususnya Pemkot Surabaya menerapkan Barikade atau batas pengaman pada sebagian rute guna memberikan ruang agar parade bisa dinikmati masyarakat secara bersama-sama.

Perhelatan Festival Seni Lintas Budaya ke-16 ini, akan menampilkan berbagai karya penampilan seni. Di tahun 2023, gelaran SCCIFAF diikuti oleh 8 negara dan 9 daerah di Indonesia. Berbagai peserta dari mancanegara, di antaranya berasal dari Negara Yunani, India, Korea Selatan, Mexico, Filipina, Sri Lanka, Uzbekistan, dan Prancis.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Sementara para peserta dari Indonesia, berasal dari daerah Pangkal Pinang (Bangka Belitung), Mengwi (Bali), Kendari (Sulawesi Tenggara), Flores (NTT), DKI Jakarta, Banjarmasin (Kalimantan Barat), Bone (Sulawesi Selatan), Polewali Mandar (Sulawesi Barat), Kota Surabaya, dan Mojokerto (Jawa Timur).

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati mengatakan,  kegiatan SCCIFAF 2023 dimulai pada 16 Juli 2023 dengan digelarnya Parade Deville (Culture Parade) di sepanjang Jalan Tunjungan Surabaya hingga Taman Surya Balai Kota Surabaya, yang sekaligus bertepatan dengan momen Car Free Day (CFD). Kegiatan akan dimulai pukul 08.00 WIB.

STY Terusik dengan Hal Ini saat Indonesia Menang atas Korea Selatan

“Untuk Parade Deville pada saat itu bertepatan dengan momen car free day (CFD), artinya Pemkot Surabaya tidak melakukan penutupan jalan,” kata Wiwiek, dalam keterangan yang diterima Viva Jatim, Sabtu, 15 Juli 2023.

Wiwiek lantas menjelaskan, pemasangan barikade tidak dipasang di sepanjang rute. Tetapi hanya dipasang dari Siola sampai di depan Hotel Majapahit. Sebab, terlepas dari Hotel Majapahit, para peserta SCCIFAF 2023 akan menaiki becak menuju ke Taman Surya Balai Kota Surabaya.

Halaman Selanjutnya
img_title