Kabar Baik: Orang Miskin di RI Menurun, Aktivitas Ekonomi Menguat

Ilustrasi/Kemiskinan di Indonesia
Sumber :
  • viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk miskin di Indonesia menurun 9,36 persen atau sebesar 25,9 juta orang pada Maret 2023. Angka tersebut menurun dibandingkan pada September 2022 lalu sebesar 9,57 persen.

Zakat Jadi Solusi Berantas Kemiskinan dan Tingkatkan Kepedulian Sosial

Tak hanya itu, menurunnya angka kemiskinan juga sejalan dengan menguatnya aktivitas perekonomian dan menurunnya angka pengangguran. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu.

“Penurunan angka kemiskinan pada Maret 2023 ini sejalan dengan terus menguatnya aktivitas ekonomi, menurunnya angka pengangguran, serta inflasi yang semakin terkendali," kata Febrio, dikutip dari VIVA, Selasa, 18 Juli 2023.

Dana Rp12,5 Triliun Digelontorkan Raja Salman untuk THR Fakir Miskin hingga Pengangguran di Saudi

Febrio menuturkan, penyaluran bansos kuartal I-2023 juga efektif dengan realisasi Program Keluarga Harapan (PKH) mencapai 89,3 %, sementara Kartu Sembako mencapai 86,5 %. 

Pada Maret 2023, pemerintah juga menggulirkan tambahan bantuan pangan beras dalam rangka menjaga akses pangan rumah tangga miskin dan rentan serta menjaga stabilitas harga pangan.

Wah! Jumlah Hutang Pemerintah Naik, Capai Rp 8.253,09 triliun per 31 Januari 2024

"Pemerintah terus berkomitmen untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi, menciptakan kesempatan kerja yang lebih luas, dan menjaga stabilitas inflasi sehingga dapat mengakselerasi penurunan tingkat kemiskinan hingga di bawah level prapandemi,” jelasnya.

Menurutnya, tren penurunan kemiskinan tersebut juga sejalan dengan fokus kebijakan jangka pendek Pemerintah untuk mempercepat penurunan kemiskinan ekstrem menjadi 0 % pada tahun 2024 mendatang.

Halaman Selanjutnya
img_title