7 Faktor PDIP Unggul Telak di Surabaya Menurut Peneliti SSC

Ketua PDIP Surabaya Adi Sutarwijono.
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimPDIP unggul telak di atas partai-partai lainnya dalam survei yang dilakukan Surabaya Survey Center (SSC) di Kota Surabaya menjelang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Peneliti SSC, Ikhsan Rosidi, menjelaskan ada tujuh faktor PDIP mendapatkan tempat lebih di hati masyarakat Kota Pahlawan.

MK Bakal Sidangkan 297 Perkara PHPU Pileg 2024

Hasil survei SSC menyebutkan, elektabilitas PDIP di Surabaya berada di angka 49,2 persen. Di bawahnya ada Gerindra dan PKB yang masing-masing mengantongi 8,6 persen. Jika merujuk urutan perolehan angka tersebut, terlihat bahwa angka elektabiltas PDIP di kota Surabaya leading dengan selisih terlampau jauh dibanding Gerinda maupun PKB, pesaing terdekatnya.

Ikhsan menjelaskan, tujuh faktor PDIP unggul di Surabaya ialah, pertama, menurut persepsi masyarakat Surabaya, mayoritas warga menganggap bahwa PDIP adalah partai yang paling identik dengan partai yang memperjuangkan ideologi Bung Karno, proklamator sekaligus Presiden RI pertama. 

Kandidat Kuat Pilkada Kediri, Mas Dhito Fokus Kerja hingga Akhir Masa Jabatan

Sedangkan Bung Karno dianggap sebagai sosok yang melekat kuat dalam benak warga Surabaya, mengingat kehidupan dan perjuangan Bung Karno di masa mudanya di Kota Pahlawan. “Ini menjadi salah satu hal yang membuat PDIP juga kuat merekat di benak masyarakat Surabaya,” katanya, Rabu, 19 Juli 2023.

Kedua, faktor keberhasilan kepemimpinan pasangan wali kota dan wakil wali kota yang dalam tiga periode terakhir selalu dipegang oleh kader-kader PDIP. “Faktor ini secara perlahan namun pasti menyebabkan terjadinya transformasi warna PDIP ke dalam corak manajemen Pemerintahan Kota Surabaya,” ujar Ikhsan.

Mendaftar ke PKB dan PDIP, Bunda Fitri Siap Maju di Pilkada Sumenep

Ketiga, kepemimpinan PDIP Kota Surabaya yang mampu mengoptimalkan kinerja seluruh bagian mesin partai secara kompak dan sinergis. Kerja politik PDIP Kota Surabaya ini dapat sepenuhnya diterima oleh masyarakat Surabaya sebagai kerja melalui program-program dan kegiatan yang langsung menyetuh pada jantung problematika kehidupan sehari-hari warga Surabaya dan secara riil buahnya dapat dinikmati oleh masyarakat.

Keempat, lanjut Ikhsan, PDIP Surabaya tampil konsisten sebagai partai yang berhasil mengelola potensi masalah internal di antara kader partai dengan damai sehingga tidak berujung pada lahirnya konflik yang sampai terekspose keluar oleh media dan mengganggu kinerja partai. 

Halaman Selanjutnya
img_title