Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung Diusulkan Berhenti, DPRD Usulkan Tiga Nama sebagai Pengganti

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Tulungagung, VIVA Jatim – Masa jabatan Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo dan Wakil Bupati Tulungagung, Gatut Sunu bakal berakhir 2,5 bulan mendatang. Pemerintah Kabupaten bersama DPRD Tulungagung bakal membahas pengusulan nama-nama Pj Bupati.

Incumbent Maryoto Optimis Dapat Rekom PDI Perjuangan Tulungagung

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo menjelaskan kegiatan rapat paripurna kali ini untuk membahas pertama penyampaian batas akhir waktu jabatan pengabdian Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung. Sesuai dengan aturan, sebelum akhir masa jabatan, paling tidak 30 hari sebelum berakhir harus menyampaikan surat keterangan pemberitahuan mengenai akhir masa jabatan.

"Terakhir kami menjabat 25 September 2023, nanti itu akan dilantik Pj Bupati Tulungagung," ungkap Maryoto Birowo di Gedung DPRD Tulungagung selepas Rapat Paripurna Pengumuman Pemberhentian Bupati serta Pembahasan KUA-PPAS 2024, Kamis, 20 Juli 2023.

8 Jalur Perlintasan KA Sebidang di Tulungagung Diusulkan Pembangunan

Menurutnya, surat pemberitahuan mengenai akhir masa jabatan oleh Ketua DPRD Tulungagung tersebut lalu mengusulkan untuk disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Pemkab Tulungagung masih belum membahas nama-nama yang akan diusulkan.

"Usulan nanti DPR yang mengusulkan. Kalau dari pemkab belum mengusulkan nama, ya belum," paparnya.

Polres Tulungagung Musnahkan 2.830 Botol Miras Hasil Operasi Ketupat

Politisi PDI-P ini menuturkan usulan Pj Bupati Tulungagung setidaknya ada tiga nama. Akan tetapi yang memenuhi syarat sebenarnya sesuai jabatan fungsional utama. Jabatan Tinggi Pratama bisa diusulkan sebagai Pj Bupati, tapi dalam pasal 13 Permendagri 4 tahun 2003 sub 4 dikatakan adalah Sekretaris Daerah. 

Maryoto menginginkan nama-nama usulan Pj Bupati Tulungagung merupakan asli Kota Marmer ini. Yang sesuai secara regulasi saat ini Sekda Pemkab Tulungagung, akan tetapi harapannya sosok lain ada yang bisa diusulkan.

Halaman Selanjutnya
img_title