Kembali Bertemu Dubes Ceko, Kadin Jatim tawarkan Berinvestasi di Jatim

Kadin Jatim saat bertemu Dubes Ceko di Surabaya, 20 Juli 2023
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimKamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur menerima kunjungan dari Duta Besar Republik Czechia atau Ceko untuk Republik Indonesia, H.E. Jaroslav Dolecek di Surabaya pada Kamis, 20 Juli 2023. Sebelumnya, pada November 2021 H.E. Jaroslav Dolecek telah berkunjung ke Kadin Jatim melakukan penjajakan kerjasama berbagai bidang.

Pj Gubernur Jatim Punya IPRO Andalan untuk Perkuat Kerjasama dengan Vietnam

Kunjungan kali ini bertujuan menindaklanjuti pembicaraan tentang kerjasama dan hubungan dagang Republik Czechia dengan Kadin Jatim. Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto, Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan Internasional Kadin Jatim Prof. Tomy Kaihatu dan beberapa pengusaha anggota Kadin Jatim.

Adik Dwi Putranto mengatakan, Czechia adalah salah satu negara Eropa yang ekonominya cukup bagus dan memiliki banyak potensi untuk dikerjasamakan dengan Jatim.

Pj Gubernur Jatim Punya IPRO Andalan Guna Perkuat Kerjasama dengan Vietnam

“Tetapi yang perlu diingat, neraca perdagangan kita dengan Czechia selalu devisit. Agar Devisit ini bisa ditekan, maka kami mengajak Czechia untuk berinvestasi di sini. Kami juga mengajak kerjasama peningkatan Sumber Daya Manusia melalui pemagangan dalam rangka mendukung program revitalisasi pendidikan vokasi di Indonesia,” ungkap Adik.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Prof. Tomy Kayhatu bahwa selama lima tahun berturut-turut, neraca perdagangan Jatim dengan Czechia selalu devisit. Pada tahun 2018, devisit neraca perdagangan mencapai US$ 9,47 juta. 

Tiga Sektor Ini Jadi Andalan Indonesia Go Internasional menurut Menparekraf

Di tahun 2019, devisit naik menjadi US$ 11,97 juta dengan perincian Ekspor Jatim mencapai US$ 1,78 juta sementara impor jatim dari Czechia mencapai US$ 13,76 juta. Di tahun 2020, devisit Jatim kian tinggi yaitu sebesar US$72,22 juta, tahun 2021 devisit US$b16,98 juta dan di 2022 devisit masih dikisaran US$ 12,55 juta.

Adapun komoditas ekspor non migas Jatim ke Czechia diantaranya adalah kendaraan dan bagiannya, aluminium, alas kaki, kayu dan barang dari kayu, perangkat music, tembakau, mainan, gula dan kembang gula, kertas dan karton serta pakaian jadi bukan rajutan.

Halaman Selanjutnya
img_title