WWF Soroti Kematian Harimau Alshad Ahmad: Satwa Liar bukan Peliharaan

Alshad Ahmad
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Yayasan World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia angkat bicara soal kematian harimau benggal peliharaan influencer terkenal, Alshad Ahmad. Organisasi konservasi independen tersebut menegaskan bahwa satwa liar bukan untuk dipelihara.

Viral Awak Bus Adu Jotos dengan Pengendara Mobil Gegara Tak Diberi Jalan

"WWF Indonesia dengan tegas menyatakan bahwa satwa liar adalah bukan satwa peliharaan," tulis WWF Indonesia pada akun resminya di Twitter seperti dikutip Viva Jatim pada Kamis 27 Juli 2023.

Organisasi berlogo panda tersebut menyampaikan, satwa liar memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan mempertahankan kelangsungan hidup di bumi.

Carry Merah Dihantam Kereta Api di Madiun, Videonya Bikin Merinding

Oleh karena itu, WWF Indonesia menentang keras perdagangan satwa liar untuk dipelihara.

"Mengambil satwa liar dari habitatnya berarti mengurangi populasi satwa liar di alam. Bisa berdampak negatif pada rantai makanan dan ekosistem secara keseluruhan.

Aksinya Sempat Viral di Medsos, Polda Jatim Akhirnya Ringkus 9 Pelaku Beragam Jenis Pencurian

Dan yang mengerikan, memelihara satwa liar sama saja dengan menularkan virus penyakit dari hewan ke manusia atau disebut dengan zoonosis.

"Tentunya masih ingat kasus Covid-19? Kasus ini dipercaya ditularkan dari satwa kelelawar. Ini juga dapat terjadi jika kita memelihara satwa liar yang dapat menularkan virus dan bakteri yang terdapat pada satwa tersebut," urainya.

Halaman Selanjutnya
img_title