4 Rudal Milik TNI AL berhasil Hancurkan Kapal Eks KRI Slamet Riyadi 356 di Laut Jawa

Eks KRI Slamet Riyadi jadi sasaran 4 rudal TNI AL
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA JatimEmpat rudal anti-kapal permukaan ditembakkan kapal perang TNI Angkatan Laut di wilayah perairan Laut Jawa. Penembakan tersebut berhasil menghancurkan kapal sasaran dengan menembakkan 4 rudal anti kapal permukaan yang dilakukan oleh Komando Tugas Laut Gabungan (Kogaslagab TNI) 2023.

Jaga Perairan Laut Gresik, Polsek Kawasan Patroli Gabungan Harkamtibmas

Penembakan empat rudal itu dilakukan pada saat pelaksanaan Manuver Lapangan (Manlap) Latihan Gabungan (Latgab) TNI di wilayah Kogabwilhan II di wilayah perairan Laut Jawa, pada Senin, 31 Juli 2023. 

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, bahwa TNI telah berhasil melaksanakan penembakan rudal strategis pada Operasi Laut Gabungan dalam Latgab TNI kali ini, setelah melaksanakan penembakan rudal strategis dari KRI dilanjutkan dengan penembakan dari unsur udara F-16.  

Hadir saat Bakti Sosial Bareng TNI AL, Pj Gubernur Jatim: Perbaikan Infrastruktur Jadi Prioritas

"Ini menjadi kebanggaaan kita bersama untuk meningkatkan profesionalisme para prajurit TNI baik Darat, Laut, Udara dan besok akan dilanjutkan dengan operasi Gabungan TNI," kata Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. 

Sebagai target penembakan adalah eks KRI Slamet Riyadi (KRI SRI)-352 yang masuk ke jajaran TNI AL sejak tahun 1987 dan tidak operasionalkan lagi oleh TNI AL sejak Agustus 2019 lalu.

TNI AL Salurkan Ribuan Paket Bantuan Bagi Korban Gempa Bumi Tuban dan Bawean

Spesifikasi Rudal yang ditembakkan tersebut antara lain, Rudal SSM Exocet MM40 Block 3 merupakan Rudal yang memiliki kecepatan 0,93 mach, dengan jarak jelajah 6.5 - 97 NM dan tinggi jelajah hingga 9 M.

Kemudian, Rudal C-802 memiliki kecepatan 0,9 mach, dengan jarak jelajah 5.4 – 64.7 NM dan tinggi jelajah hingga 20 M. Sedangkan Rudal C-705 memiliki kecepatan 0,8 mach, dengan jarak jelajah 6-70 NM dan tinggi jelajah hingga 20 M.  

Halaman Selanjutnya
img_title