Bus Trans Jatim Mojokerto-Surabaya Bakal Beroperasi, Segini Tarifnya

Bus Trans Jatim Mojokerto-Surabaya Bakal Beroperasi
Sumber :
  • M. Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim - Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim tengah mempersiapkan pengoperasian koridor II bus Trans Jatim rute Surabaya–Mojokerto. Bus dengan nama Tribhuwana Tunggadewi ini rencananya akan mulai beroperasi pada akhir bulan Agustus 2023 ini. 

Khofifah Belum Lirik PKB Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Kalau Daftar Kita Sambut

Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub Jatim Ainur Rofiq mengatakan, rencananya Bus Trans Jatim bakal diluncurkan pada 19 Agustus 2023 mendatang oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Peluncuran dilaksanakan di Terminal Kertajaya Mojokerto. 

Pihaknya menyiapkan 22 armada Bus Trans Jatim. Berdasar rute yang disusun, Bus Trans Jatim koridor II melewati Terminal Purabaya–Pasar Krian–Balongbendo–Mlirip–Terminal Kertajaya. Panjang rute mencapai 40 kilometer

Khofifah Puji Rektor Unair Susun Konsep Pendidikan Indonesia Maju

Rute tersebut sama dengan rute yang dilewati bus hijau Mojokerto-Surabaya selama ini. Namun, Trans Jatim tidak diperkenankan menaikkan atau menurunkan penumpang disembarang tempat. Dishub Jatim telah mempersiapkan 53 halte di sepanjang jalur yang dilalui. 

"Sistem naiknya  wajib di halte yang disediakan ada 53 unit halte. Apabila ingin mengetahui posisi bus dan jam pemberangkatan, masyarakat bisa download aplikasi Transjatim Ajaib yang sudah tersedia di Play Store atau App Store," terang Ainur. 

Momen Forkopimda Jatim Potong Tumpeng Bareng Ribuan Buruh di Momen May Day

Setiap Bus Trans Jatim dikengkapi teknologi kamera Artifical Intelegence (AI). Kamera tersebut bermanfaat untuk memberikan peringatan awal jika armada kendaraan terdeteksi menyimpang dari jalur dan pengemudi melewati batas kecepatan.  

"Kami bisa memantau kecepatan bus dari kamera AI. Jika melaju lebih dari 60 Km atau 80 km atau ugal-ugalan dijalan akan ditegur oleh operator langsung," tandas Rofiq. 

Halaman Selanjutnya
img_title