Pemerintah bakal Cadangkan Beras 2,2 Juta Ton untuk Antisipasi El Nino

Ilustrasi Beras Bulog
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA Jatim – Melalui Perum Bulog, pemerintah bakal mencadangkan beras sejumlah 2,2 juta ton hingga akhir 2023. Cadangan Beras Pemerintah (CBP) itu dilakukan guna mengantisipasi dampak fenomena iklim El Nino.

Warga Serbu Bazar Pangan Murah di Halaman Kejari Tulungagung

"El Nino kita akan lihat di semester II. Namun, mitigasinya udah ratas (rapat terbatas) di sektor pangan bahwa stok beras jelang akhir tahun itu di angka di atas 2,2 juta," kata Airlangga dikutip dari VIVA, Selasa, 8 Agustus 2023.

Airlangga menjelaskan, Kementerian Pertanian (Kementan) telah berkomitmen untuk menjaga cadangan beras. Hal itu dilakukan dengan menyiapkan benih yang aman terhadap perubahan cuaca.

Bagaimana Syarat Zakat Fitrah ? Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

"Tentu akan ada laporan dari BMKG yang menjadi perhatian. Namun, dari Kementerian Pertanian juga menjadikan bahwa beberapa daerah lahan untuk pertanian yang bisa ditinjau dengan dipersiapkannya spesifikasi benih tertentu, yaitu benih yang relatif lebih tahan terhadap perubahan cuaca," kata dia.

Sebelumnya, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas)/National Food Agency, Arief Prasetyo Adi mengungkapkan, Bulog telah mengamankan 1,3 juta ton stok beras per 2 Agustus 2023. Hal itu sesuai dengan permintaan Presiden Jokowi.

Golkar Bernasib Baik di Pemilu 2024: Menang Pilpres dan Suara Partainya Tinggi

"Bapak Presiden meminta Bulog meningkatkan stoknya dari yang sudah di-secured sebanyak 1,3 juta ton dengan target serapan 2,4 juta ton sampai dengan akhir tahun 2023." kata Arief.

Arief juga menyampaikan bahwa Perum Bulog telah menyalurkan beras lebih dari 1,34 juta ton untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan, serta bantuan pangan untuk masyarakat berpendapatan rendah

Halaman Selanjutnya
img_title