Feti, Pengusaha Penggilingan Padi di Blitar Ini Pasok Beras Ribuan Ton per Tahun

Owner Padi Gemilang, Feti dan Mitra Penggilingan Gabah Blitar.
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Blitar, VIVA Jatim –Luas dan bersih, dua kata yang tersemat di salah satu penggilingan padi yang berada di Dusun Gendes, Desa Pikatan Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. Adalah Feti Fatimah, Owner Padi Gemilang sekaligus pemilik Penggilingan Gabah.

Gatut-Baharudin Jadi Penantang Petahana di Pilkada Tulungagung

Ibu muda ini selain memiliki brand kemasan beras untuk pasar lokal juga sebagai Mitra dari Kancab Bulog Tulungagung. Ribuan gabah akumulasi permintaan pasar lokal dan Perum Bulog menjadi langganannya setiap tahun.

Dirinya mengajak berkeliling ke gudang penggilingan tepat disebelah timur dan belakang rumahnya. Meski tak ada pekerja, terasa penuh riuh apabila musim panen raya di gudang penggilingan tersebut.

Temui Petani di Lamongan, Mentan Dicurhati Gabah Murah Hingga Pupuk Langka

Feti mengatakan permintaan Bulog tergantung permintaan dan kemampuan penggilingannya. Ia mencontohkan tahun kemarin mencapai 800an ton, tapi tahun ini sedikit turun 600 sampai 500an ton per tahun yang pengadaan Public Service Obligation (PSO) atau kewajiban pelayanan publik.

Sedangkan untuk hari ini pemenuhan pasar lokal per bulan permintaan sudah lumayan. Rentang permintaan pasar sekarang perbulan sekitar 180 sampai 200an ton.

Mentan Minta Bulog Tak Beli Gabah Petani di Bawah Harga HPP

"Sehingga total pasar lokal dan Bulog tahun kemarin sekitar 1.200 sampai 1500an ton," ujar Feti Fatimah ditemui di kediamannya, Kamis, 12 September 2024.

Ditanya jumlah petani yang setor ke penggilingannya, Feti tidak bisa menghitung pasti. Sebab petani cukup banyak dan silih berganti keluar masuk. Sementara untuk penebas (tengkulak besar yang mengambil dari petani) ada sebanyak 11 pihak.

Halaman Selanjutnya
img_title