Ukuran Lebar Lintasan S di Satpas Tulungagung Memudahkan Pemohon SIM

Warga mencoba lintasan S di Satpas Tulungagung
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Viva Jatim

Tulungagung, VIVA Jatim-Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengubah  mengubah jalur zig-zag dan angka delapan menjadi jalur huruf s untuk memudahkan pemohon SIM. Salah satunya jalur lintasan yang berada di Kantor Satuan Penyelenggara Adminstrasi Surat Izin Mengemudi (Satpas) Polres Tulungagung.

Polri Rekrut Penyandang Disabilitas Jadi Bintara, di Polda Jatim 3 Orang

Kasatlantas Polres Tulungagung AKP Firdaus Canggih Pamungkas menerangkan lintasan ujian praktik SIM yang sebelumnya membentuk angka 8 dan Zigzag, berubah membentuk huruf S. Revisi lintasan tersebut  bertujuan guna menguji kemampuan pengendara dalam situasi dan kondisi sehari-hari di jalan raya. 

"Model huruf S dipilih karena menghadirkan tantangan yang beragam, keterampilan pengereman, menguji manuver sekaligus koordinasi antara pengemudi dan kendaraan," beber AKP Firdaus Canggih Pamungkas diterima VIVA Jatim, Selasa, 8 Agustus 2023.

3.500 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Aksi Buruh 1 Mei di Surabaya

AKP Canggih mengungkapkan, anggota Polres Tulungagung memastikan bagi calon pengemudi yang mengikuti ujian praktik SIM mampu terlatih dengan baik dalam menghadapi berbagai kondisi di jalan raya. Lintasan huruf S tersebut sebagai  tantangan yang realistis.

"Selain itu, kamu mendorong calon pengemudi yang lulus SIM untuk benar-benar menguasai kendaraan mereka," tandasnya.

Penetapan Pemenang Pilpres 2024, 4 Ribu Lebih Personel Disiagakan

Sebagai informasi, sebelum lintasan S berkelok ada jalur lurus memanjang beberapa meter dan harus berhenti sejenak. Kemudian pemohon melanjutkan laju kendaraan melewati tikungan, lintasan S berkelok. Lalu untuk yang terakhir akan ada lintasan cabang dan ada petugas yang mengarahkan harus melalui sisi kanan atau kiri jalan.

Perubahan lintasan ujian praktek SIM lebih lebar. Informasi dari Baur SIM Satlantas Polres Tulungagung, awal lintasan memiliki lebar 1,5 meter. Namun saat ini ukuran lintasan memiliki lebar 2,25 meter.

Halaman Selanjutnya
img_title