Konferwil belum Disetujui, PWNU Jatim Ajukan Perpanjangan Kepengurusan ke PBNU

Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar (kanan).
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Pengurus Wilayah NU (PWNU) Jawa Timur mengajukan permohonan perpanjangan masa kepengurusan ke Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) setelah jadwal konferensi wilayah (konferwil) yang diajukan tidak kunjung disetujui. Permohonan perpanjangan kepengurusan itu sendiri sebagai respons atas surat yang dikirim PBNU.

Respon PBNU soal Pendeta Gilbert yang Olok-olok Salat dan Zakat

Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar, mengatakan, pengajuan perpanjangan masa kepengurusan itu diajukan setelah pihaknya menerima surat permintaan pengajuan perpanjangan kepengurusan dari PBNU. Nah, secara organisasi, PWNU harus mematuhi itu. 

“PWNU karena hirarkinya berada di bawah PBNU, maka PWNU mengikuti keputusan yang diambil PBNU,” kata Kiai Marzuki usai mengikuti rapat gabungan syuriah dan tanfidziyah di kantor PWNU Jatim di Surabaya, Rabu, 16 Agustus 2023.

Profil Bupati Sidoarjo Tersangka KPK: Putra Wakil Rais Syuriah NU Jatim, Punya Harta Rp4,7 M

Pengajuan perpanjangan masa kepengurusan itu diajukan ke PBNU setelah para pengurus meminta pertimbangan kepada Rais Syuriah PWNU Jatim, KH Anwar Manshur. “Yang didawuhkan Mbah Manshur itu yang kita tulis dalam usulan perpanjangan [masa kepengurusan],” ucap Pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek, Malang, itu.

Dia menjelaskan, di surat pengajuan masa perpanjangan tersebut, PWNU juga menyertakan nama-nama pengurus yang masuk dalam struktur kepengurusan yang diperpanjang. Nama-nama tersebut menurut juga sudah direstui oleh Kiai Anwar Manshur. “Nama-nama yang diusulkan [PWNU] Jawa Timur apa itu yang di-SK PBNU, apa diotak-atik lagi, kita manut,” tandas Kiai Marzuki.

Mbah Benu Imam Masjid Aolia Gunung Kidul Mengaku Telepon Allah, PBNU: Tukang Sihir!

Diberitakan sebelumnya, masa khidmat PWNU Jawa Timur tinggal dua pekan lagi. Namun, hingga kini PBNU belum juga menyetujui usulan jadwal pelaksanaan konferwil yang diajukan. PWNU Jatim.

Wakil Ketua PWNU Jatim KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam mengatakan, sebetulnya PWNU Jatim sudah mengajukan jadwal pelaksanaan konferwil sejak empat bulan lalu. Namun hingga kini belum ada respons dari PBNU. "Enggak tahu kenapa," katanya kepada VIVA pada Senin, 14 Agustus 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title