Panglima AU Ukraina Akui Kekalahan: Pesawat Kami Ditembaki Militer Rusia Setiap Hari

Puing-puing pesawat Ukraina
Sumber :
  • Viva

Ukraina, VIVA Jatim – Panglima Angkatan Udara Ukraina, Letnan Jenderal Mykola Oleshchuk membeberkan fakta bagaimana pasukannya sama sekali tak diberi kesempatan untuk melancarkan serangan oleh militer Rusia.

2 Pesawat TNI AU Jatuh di Pasuruan, 4 Prajurit Gugur

Jenderal bintang tiga militer Ukraina tersebut sampaikan dalam wawancara dengan stasiun televisi Rada TV. Hal ini menjadi bukti jika militer Rusia tak hanya di sektor darat, superioritas di udara juga benar-benar dikuasainya dalam Operasi Militer Khusus (NVO) di Ukraina. 

Menurut Oleshchuk, intensitas yang sangat tinggi serangan armada tempur Pasukan Dirgantara Rusia (VKS) membuat sulit untuk bisa dengan mudah bagi para pilot militer Ukraina menerbangkan pesawatnya.

Penerbangan Banyuwangi - Surabaya Dibuka Lagi Mulai 30 Agustus 2023, Catat Jadwalnya!

Tak hanya dari udara, pasukan infanteri militer Rusia juga jadi halangan terbesar bagi para pilot melakukan lepas landas. Sebab serangan tak hanya datang dari udara, tetapi juga berasal dari darat.

Oleshchuk juga mengakui bagaimana keunggulan militer Rusia yang kerap membombardir lapangan terbang dan pangkalan udara, sebagai salah satu sasaran utama. 

Aksi Tentara Bayaran Kibarkan Bendera Berujung Maut

"Kami belum punya waktu untuk bangun dari lapangan terbang," ucap Oleschuk dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, RIA Novosti.

"Pesawat kami akan berada di area yang terkena dampak. Pesawat kami ditembaki setiap hari, baik dari darat maupun dari udara," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title