Fakta-fakta Buku Pelajaran PAI Tingkat MTs MA yang Dinilai Menyimpang

Salah satu buku pelajaran PAI yang dinilai menyimpang
Sumber :
  • Media Literasi IAI NATA Sampang

Sumenep, VIVA Jatim – Dunia pendidikan tengah dibuat heboh dengan adanya temuan buku pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs.) dan Madrasah Aliyah (MA) yang dinilai menyimpang dari ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jamaah. Pasalnya, penyimpangan tersebut ditemukan oleh Media Literasi IAI NATA Sampang dan LBM Miftahut Thullab Gendangan.

Simak Syarat dan Ketentuan Bantuan Pendidikan Islam dan Pesantren Kemenag RI

Merespons hal tersebut, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Korda Madura mendesak pemerintah terkait, dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag) agar segera mencabut peredaran buku tersebut agar tidak meresahkan masyarakat.

Penegasan ini disampaikan KH Taufik Hasyim, Koordinator PCNU se-Madura usai melakukan pertemuan rutin di Kantor PCNU Sumenep, Minggu, 20 Agustus 2023.

Pemerintah Putuskan Idul Fitri 1445 H Rabu Besok, Ini Penjelasannya

"Kami NU se-Madura mengharap dan meminta dengan sungguh-sungguh kepada pihak terkait, dalam hal ini Kemenag agar mengkaji, menelaah dan bahkan menarik buku tersebut, tidak diedarkan dan dihentikan," ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim.

Viva Jatim mencoba merinci sejumlah muatan materi buku ajar PAI yang dinilai menyimpang. Dilansir dari Media Literasi IAI NATA Sampang dan Lembaga Bahstul Masail Miftahut Thullab Gendangan.

Secara Hisab, 1 Syawal 1445 H Jatuh pada Rabu Besok 10 April 2024

Sejumlah muatan materi yang dinilai menyimpang itu kemudian dikoreksi oleh tim peneliti IAI NATA Sampang dan LBM Miftahut Thullab. Bahkan telah ditashih oleh pengurus PCNU Sampang, diantaranya KH Syafi'uddin Abd Wahid, KH Abd Wahhab Zain, KH Luay Imam, Gus Rahmatullah.

Salah satu muatan materi buku ajar yang dinilai menyimpang adalah buku fikih untuk MTs Kelas VII-VIII. Buku ajar berjudul 'Ayo Memahami Fikih untuk Kelas VII Jilid I, ditulis oleh H Jamhari dan H Tasimin, dan diterbitkan oleh Penerbit Erlangga.

Halaman Selanjutnya
img_title