Tak Kunjung Umumkan Cawapres, Pengamat Politik Sebut Anies Baswedan Berpotensi Rugi

Anies Baswedan, Calon Presiden dari Koalisi Perubahan
Sumber :
  • Viva Jatim/ A Toriq A

Jakarta, VIVA JatimCalon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan, tak kunjung mengumumkan siapa sosok pendampingnya pada pemilihan umum presiden 2024. Padahal, dari pihak elit politik dari kubu Demokrat dan PKS telah mendesak Anies untuk segera umumkan cawapres.

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

Berdasarkan analisa pengamat politik, Komarudin, bahwa penundaan pengumuman kandidat cawapres yang mendampingi Anies Baswedan di Pemilu 2024 nanti mempunyai potensi rugi bagi eks Gubernur DKI Jakarta tersebut. 

"Penundaan kandidat cawapres tentu merugikan kandidat capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan," kata Ujang dikutip dari Antara, Senin, 21 Agustus 2023.

Ketua Partai Gerindra Gresik Jadi Pendaftar Pertama Calon Bupati di Partai Demokrat

Namun, Ujang menilai, Anies menggunakan politik injury time sehingga langkah yang diambil Anies dalam mengumumkan cawapres tak kunjung dilaksanakan. Dia memprediksi pengumuman cawapres di setiap koalisi akan terlihat saat last minutes atau jelang pendaftaran ke KPU.

"Ini (pengumuman kandidat cawapres), akan bermain di last minute dan saat ini prosesnya tarik ulur," katanya. 

Demokrat Gresik Buka Pendaftaran Cabup-Cawabup Pilkada 2024

Sementara, Direktur Eksekutif Ormit Political Consulting (Ormit), Bandot D Malera, menilai Anies berpotensi dirugikan jika penundaan bakal cawapres terus terjadi. Menurut dia, hal itu karena Anies menggaungkan sosok perubahan sesuai jargon koalisinya.

"Anies jelas akan kehilangan momentum sebagai sosok penggerak perubahan jika berlama-lama dalam menentukan pasangannya," kata dia.

Halaman Selanjutnya
img_title