Tiga Jebakan Ilmu Menurut Habib Umar bin Hafidz

Habib Umar di Masjid Al-Akbar Surabaya
Sumber :
  • Humas Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Surabaya, VIVA Jatim- Ulama modern asal Tarim, Yaman, Habib Umar bin Hafidz, memaparkan tiga jebakan ilmu yakni riya' (tidak ikhlas), ujub (bangga diri), dan tak peduli wirid (bacaan zikir).

6 Syarat Murid agar Mendapatkan Ilmu Menurut Sayyidina Ali

Pernyataan itu disampaikan kepada ribuan jemaah yang menghadiri Rihlah di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS), Rabu, 23 Agustus 2023. 

"Jangan mencari ilmu untuk riya', ujub, dan tidak memadukan ilmu dengan wirid (bacaan zikir), agar ilmu kita manfaat dan berkah," katanya di hadapan jamaah 'pengajian subuh' yang membeludak hingga ke jalan raya di depan MAS itu.

Khofifah Gelar Open House-Halal Bihalal, Ribuan Masyarakat Disuguhi Aneka Kuliner

Dalam "pengajian" yang dihadiri ratusan ribu orang dari berbagai daerah di Jatim itu, pendiri Sekolah Dar-al Musthafa di Yaman itu menjelaskan ilmu yang tidak manfaat dan penuh barokah akan membahayakan manusia, karena justru menjauhkan dari Allah SWT.

"Jangan mencari ilmu untuk riya' (tidak ikhlas) atau ujub(membanggakan diri) untuk tujuan mendebat orang bodoh, bersaing dengan ulama alim, mencari popularitas di kalangan manusia, mencari harta, mencari kekuasaan, dan caci maki, maka baginya akan dekat dengan kebodohan dan jauh dari aroma surga," katanya.

Tanda-tanda Munculnya Imam Mahdi Menurut Habib Umar bin Hafidz

Oleh karena itu, keutamaan ilmu itu tidak akan diperoleh tanpa keikhlasan, karena keikhlasan itu syarat utama dalam mencari ilmu, terutama ilmu agama. Ilmu duniawi pun akan mendapat keutamaan dan tidak berdosa bila mencarinya dengan ikhlas dan untuk kemanfaatan.

"Yang juga penting dalam mencari ilmu, selain ikhlas dan bukan untuk membanggakan diri adalah memadukan ilmu dengan wirid, seperti bacaan zikir, bacaan Alqur'an, sholat malam, sholat witir, sholat dhuha, dan wirid-wirid lainnya, maka akan mendekatkan kita kepada Allah SWT," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title