Prabowo dan Ganjar Disebut Pemimpin Pengekor gegara Berebut Endorse Jokowi 

Presiden Jokowi bersama dengan Prabowo dan Ganjar
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimCalon Presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto dan PDI Perjuangan Ganjar Pranowo disebut sebagai pemimpin yang mengekor. Hal itu lantaran keduanya berebut Endorse dari Presiden Joko Widodo.

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

Penegasan ini disampaikan Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga. Sebab berdasarkan hasil survei dari Litbang Kompas menunjukkan bahwa jumlah responden yang bakal memilih sosok capres yang di endorse oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ternyata tidak banyak. Jumlahnya hanya berkisar 18,1 persen responden.

"Persentase tersebut jauh lebih sedikit dengan responden (32,6 persen) yang memastikan tidak akan memilih siapa pun capres yang direkomendasikan oleh Jokowi," kata Jamiluddin dikutip dari VIVA , Kamis 24 Agustus 2023.

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

Menurut Jamiluddin, temuan Litbang Kompas itu tidak jauh berbeda dengan hasil survei sebelumnya. Hanya sedikit responden yang akan mengikuti capres yang di endorse Jokowi.

"Karena itu, kiranya aneh bila Ganjar Pranowo dan Prabowo Subiakto terkesan berlomba-lomba untuk memperoleh endorse Jokowi. Ganjar dan Prabowo seolah pamer dan bangga bila dekat dengan Jokowi. Kedekatan itu lalu dimaknai sudah mendapat endorse dari Jokowi," kata Jamiluddin.

Kata Jokowi Soal MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar

Para pendukung kedua Capres tersebut, kata Jamiluddin, juga seakan-akan berlomba mengklaim bahwa Capresnya yang akan direstui Kepala Negara. Padahal hal itu tidak banyak berpengaruh bagi elektabilitas kandidat Capres.

"Dua kubu pengusungnya juga terkesan saling mengklaim capresnya di endorse Jokowi. Padahal endorse Jokowi tidak berpengaruh signifikan pada elektabilitas capres yang diusung," kata Jamiluddin.

Halaman Selanjutnya
img_title