Heru Budi Sebut Pemprov DKI Jakarta Berupaya Atasi Polusi dengan Uji Emisi dan Water Mist

Polisi udara Jakarta
Sumber :
  • Viva

Jakarta, VIVA Jatim – Berbagai upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam menanggulangi musibah yang tengah terjadi di udara Ibu Kota Jakarta. Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan upaya tersebut di antaranya adalah tilang emisi secara bertahap hingga water mist di gedung-gedung tinggi.

Minum Air Dingin di Musim Panas Sebabkan Batuk, Benarkah Demikian?

Heru Budi menyampaikan hal itu dalam sambutannya dalam acara “Diskusi Publik Quick Response Penanganan Kualitas Udara di DKI Jakarta”. 

"Kendaraan yang berlalu lintas di Jakarta itu juga harus kita tegakkan uji emisi. Memang namanya polusi tidak bisa Jakarta sendiri, tapi harus Jabotabek, tidak bisa sendiri untuk mengatasi itu. Maka dari itu teman teman dari Bodetabek memberikan saran dan tolong Bupati, Wali Kota, kita sama-sama menurunkan polusi di Jabodetabek," ujar Heru Budi di Jakarta, Selasa, 28 Agustus 2023.

Menkes Ungkap Polusi Udara Jabodetabek: Ada Partikel kecil Paling Berbahaya

Heru Budi juga mengatakan bahwa jajarannya di Pemprov DKI terus melakukan penanaman pohon di sejumlah kawasan sebagai salah satu upaya penurunan polusi.

Upaya yang lainnya adalah mendorong pemakaian kendaraan listrik. Khusus untuk transportasi umum, Jakarta sudah menyiapkan sekitar 100 bus listrik tambahan di bulan ini yang siap beroperasi. 

Catat! Ini 9 Cara Alami Lindungi Anak dari Paparan Polisi Udara

Lebih lanjut, Heru Budi mengatakan, pihaknya tengah mengatur teknis dan konsep untuk pelaksanaan water mist atau penyemprotan dari atas gedung-gedung tinggi.

"Saya secara bertahap kepada industri, gedung-gedung tinggi di pemerintah daerah, DKI, untuk bersama-sama mass water bangunan milik Pemda DKI, Wali Kota, begitu juga bangunan BUMN kita bersama-sama," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title