Tim ITS Geolistrik Teliti Sumber Air Bercampur Minyak di Tempurejo Kediri

Tim ITS Surabaya menganalisis kandungan minyak lewat geolistrik
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Viva Jatim

Kediri, VIVA Jatim-Tim Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya terjun ke lokasi air bercampur minyak di RT 5 RW 2 Kelurahan Tempurejo Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Pemetaan lokasi diukur beberapa puluh meter dari rumah warga terdampak memakai geolistrik.

Bikin Sedih, Pesan Terakhir Satpam ITS Surabaya sebelum Tewas Terlindas Innova

Lurah Tempurejo Kecamatan Pesantren, Oryza Mahendrajaya mengungkapkan kedatangan Tim ITS Surabaya atas permintaan Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar. Yakni memastikan daerah terdampak dimana saja. Informas lebih jelas ke Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri.

"Kelurahan hanya mendampingi saja. Dari ITS tadi kalau tidak salah ada 4, tetapi tim lapangan lebih. Ini kedua kali, yang pertama kesini mengambil sampel," beber Oryza Mahendrajaya, kepada awak media, Senin, 11 September 2023. 

Khofifah Gandeng ITS dan Unicef Resmikan Program Digital Skill

Ryza mengaku, yang dilakukan dari Tim ITS Surabaya dari kasat mata pandangan memasang kabel dengan menancapkan penghantar ke tanah. Kemungkinan cara tersebut untuk mengetahui kondisi air bawah tanah yang bercampur minyak.

Disinggung warga yang terdampak, ia mengungkapkan ada 14 rumah yang memiliki sumur terdampak. Akan tetapi, yang paling parang sejak Jum'at lalu di rumah Ibu Sulastri dan Bapak Mugiono yang bersebelahan.

Pertamina Ingin Eksplorasi Sumur Terdampak Air Bercampur Minyak Ditolak Warga

"Di rumah Ibu Sulastri yang keruh, lainnya sudah berkurang. rumah satunya yang hampir mirip di rumah Pak Sugiono," ulasnya.

Ryza menambahkan, untuk mencukupi kebutuhan air bersih, warganya mendapat dropping air bersih setiap pagi dan sore hari.

Halaman Selanjutnya
img_title