Ribuan Pupuk Bersubsidi Tak Terserap di Tulungagung Bakal Dikembalikan

Petani sedang memupuk lahan sawah.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Tulungagung, VIVA JatimPupuk menjadi kebutuhan petani di berbagai daerah di musim tanam. Ribuan pupuk bersubsidi di Tulungagung bakal dikembalikan ke pemerintah pusat lantaran tidak terserap oleh petani gegara data yang belum bisa bertambah.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Menurut Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Tulungagung, Triwidyono Agus Basuki menjelaskan sampai dengan 31 Agustus 2023, alokasi pupuk sesuai dengan SK Bupati, Pupuk Urea sebesar 30.499 ton. Sampai dengan batas akhir bisa menginput untuk alokasi 27.048 ton.

"Artinya ada memang ada sisa alokasi yang ini. Rencananya kita menunggu sampai akhir September akan kita kembalikan ke negara. Karena memang tidak bisa kita ambil karena tidak ada petani yang bisa," beber Triwidyono Agus Basuki kepada awak media, Kamis, 14 September 2023.

Program DITO, Produktivitas Padi di Kediri Naik Jadi 6,24 Ton Per Hektare

Menurutnya, sudah dimulai untuk 2024 ini untuk pendataan petani dan telah disampaikan kepada petugas yang ada di lapangan. Supaya bisa menjadi data petani secara valid, sekaligus jika ada petani yang belum bisa masuk agar segera didaftarkan secara online.

Lantaran, menurut Okky, sapaan Triwidyono Agus Basuki, petani yang berhak mendapatkan pupuk subsidi sayang kalau tidak bisa mendapatkan. Sebab sebelumnya ada laporan jika distributor pupuk petani ada beberapa nama petani, tapi tidak bisa tebus. 

Bayi Kembar Siam di Tulungaung Tercover BPJS, dari Sebelum hingga Usai Operasi

Alokasi pupuk dan nama petani ada dalam e-alokasi, akan tetapi yang bersangkutan sudah pergi. Mungkin ke luar negeri tanpa meninggalkan KTP, padahal sebagai administrasi saat mengambil harus ada bukti fisik sebagai bukti pendukung pengambilan pupuk.

Oleh sebab itu, ia menambahkan dari pihak distributor pihak kios tidak berani mengeluarkan untuk penjual kami belum mendapatkan data. Kejadian tersebut tiap-tiap Kecamatan itu ada pendataan. 

Halaman Selanjutnya
img_title