Bisa Update Tiap Hari, Lima Pasar di Surabaya Dipasangi Layar Monitor Informasi Harga Bahan Pokok

Layar Monitor Harga Bahan Pokok
Sumber :
  • Pemkot Surabaya

Surabaya, VIVA Jatim-Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melakukan pemasangan monitor (televisi) tentang informasi harga bahan pokok (bapok), di pasar tradisional yang berada dalam pengelolaan PD Pasar Surya.

Begini Cara Pemkot Surabaya Wujudkan PPDB SMPN 2024 Lebih Berkeadilan

Upaya ini dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam rangka melakukan untuk menekan inflasi di kota pahlawan. Setidaknya hingga kini, ada lima pasar yang dipasangi monitor Yakni di Pasar Wonokromo, Pasar Tambahrejo, dan Pasar Genteng Baru. 

“Dua lainnya di Pasar Pucang Anom dan Pasar Pabean,” ungkap Direktur Administrasi Keuangan PD Pasar Surya Sutjahjo, Minggu 24 September 2023.

Warga Surabaya Keluhkan Pagar Penghalang Motor di Trotoar Banyak yang Rusak

Ia menjelaskan, monitor televisi itu menyuguhkan informasi tentang harga bahan pokok. Misalnya, beras, minyak goreng, dan daging. Tak hanya itu, sejumlah komoditas lain juga ditampilkan. Seperti, harga ikan, gula, sayuran, cabai, bawang merah, bawang putih dan sebagainya.

“Datanya di-update setiap hari. Tujuannya memberikan informasi kepada pengunjung (pembeli), berapa rata-rata harga bapok,” terangnya.

Festival Kampung Ramadan, Sinergi Surabaya-Inggris Kembangkan Produk UMKM

Sutjahjo menyatakan data bapok itu diolah dari hasil survei tim PD Pasar Surya. Setiap hari, tim survei melakukan pemantauan harga, kemudian hasilnya dirata-rata. Hasil rata-rata itulah yang ditampilkan di layar monitor yang dipasang di pintu masuk pasar. 

Ia juga mengatakan, pemasangan layar monitor ini selain untuk memberikan informasi harga bahan pokok, juga untuk mencegah inflasi. Sutjahjo mencontohkan ketika harga rata-rata yang ditampilkan di layar monitor adalah Harga Eceran Tertinggi (HET) atau bahkan di bawah HET, sedangkan ada pedagang yang menjual di atas HET, otomatis pengunjung akan mengetahui.

Halaman Selanjutnya
img_title