Lautan Manusia Sambut Anies-Cak Imin, Hasil Survei Tak Relevan

Lautan manusia sambut Anies-Cak Imin di Makassar
Sumber :
  • Istimewa

Makassar, VIVA JatimLautan manusia menyambut kedatangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden RI, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di Makassar, Sulawesi Selatan pada Minggu, 24 September 2023. Tidak kurang dari 1 juta manusia tampak turun ke jalan meramaikan kehadiran pasangan Koalisi Perubahan tersebut.

Jawaban Anies Saat Ditanya Gabung Kabinet Prabowo, Takut Gede Rasa

Kehadiran duet yang diakronimkan sebagai AMIN itu jadi sorotan pengamat yang juga pakar kebijakan publik dari Narasi Institute, Achmad Nur Hidayat.

Bagi Achmad peristiwa di Makassar itu menjadi sorotan menuju pendaftaran capres dan cawapres ke KPU. Dia mengatakan demikian karena di tengah hasil survei Anies yang selalu memperlihatkan elektabilitas kurang bagus.

Anies Sapa Relawannya di Surabaya, Titip Tetap Jaga Gagasan Perubahan

Achmad menekankan dengan penampakan lautan manusia di Makassar itu seperti memperlihatkan hasil survei yang berbeda serta tak berpengaruh di kondisi nyata.

"Meskipun lembaga survei mencatat elektabilitas Anies Baswedan terendah, kehadiran hampir satu juta orang dalam acara tersebut gambarkan perbedaan yang signifikan antara hasil survei dan dukungan yang nyata di lapangan," kata Achmad, dikutip dari VIVA, Selasa, 26 September 2023.

Usai Kalah Sengketa Pilpres di MK, Cak Imin Bilang Begini

Dia menganalisa ada perbedaan yang mencolok antara elektabilitas Anies dalam survei dan dukungan yang terlihat di lapangan. Menurut dia, hal itu seperti mencerminkan kompleksitas politik di Indonesia.

"Hasil survei yang secara konsisten menempatkan Anies dengan elektabilitas terendah telah menimbulkan pertanyaan tentang sejauh mana survei dapat mencerminkan realitas politik yang sebenarnya," jelas Achmad.

Halaman Selanjutnya
img_title