Mahasiswa UMG Latih Ibu-ibu RT Membuat Eco Enzyme dari Kulit Buah

Pelatihan Eco Enzyme oleh Mahasiswa KKN UMG
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Gresik, VIVA Jatim – Puluhan ibu-ibu warga Kelurahan Pekelingan, Kecamatan Gresik Kota menghadiri sosialisasi dan pelatihan Eco Enzyme dari limbah sampah kulit buah dan minuman herbal seruni yang digelar mahasiswa KKN Tematik Kelompok 30 dari Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG).

331 Fasum di Pulau Bawean yang Rusak akibat Gempa Tuban Mulai Diperbaiki

Dalam sosialisasi dan pelatihan ini, mahasiswa KKN UMG menggandeng Ibu-Ibu PKK, Ibu RT, Ibu RW, dan seluruh staff kelurahan Pekelingan agar tidak membuang tapi memanfaatkan limbah kulit buah.

Ketua KKN kelompok 30, Didin Suliyantono menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya Eco Enzyme, yang dapat membantu di kehidupan sehari-hari seperti di gunakan untuk hand sanitizer, cairan pel lantai, aplikasi ke tanaman dan lain sebagainya. Sedangkan pada sosialisasi pembuatan minuman herbal seruni dapat berguna sebagai menghangatkan tubuh.

Pilu 2 Gadis ABG di Gresik 2 Tahun Dicabuli Ayah Tirinya

"Ibu-ibu sangat antusias mengikuti acara dari awal sampai akhir. memperhatikan dengan seksama cara pembuatan minuman herbal seruni (sereh jeruk nipis) yang kami sajikan berupa vidio dan resep minuman. Mereka mencatat resep tersebut hingga ada juga yang memfoto resep yang kami sajikan pada powerpoint," ungkapnya, Senin, 26 September 2023.

Setelah sosialisasi minuman herbal seruni kami melanjutkan sosialisasi dan pelatihan Eco Enzyme yang berkolaborasi dengan Hasan Rusydi salah satu pegiat Eco Enzyme dan Indah seorang relawan Eco Enzyme di Gresik. Keduanya akan menjelaskan tentang manfaat eco enzyme untuk kehidupan sehari-hari.

5 Pendaftar Cabup-Cawabup Gresik Temui Cak Imin di Surabaya, Rebutan Rekom PKB?

”Eco Enzyme merupakan larutan zat organik kompleks yang diproduksi dari proses fermentasi, sisa organik dan gula. Eco enzyme dapat berfungsi sebagai sabun cuci piring, sabun pel lantai, hand sanitizer. Eco enzyme juga memiliki turunan salah satu contonya yaitu soft eco enzyme,” jelas Hasan Rusydi.

Ditempat yang sama, Indah menjelaskan bagaimana Eco Enzyme berdampak sangat besar untuk mengurangi sampah organik di lingkungan sekitar. Seperti memanfaatkan untuk berbagai hal kebutuhan rumah tangga.

Halaman Selanjutnya
img_title