Jokowi Ancam Para Kades yang Main-main dengan Dana Desa

Presiden Jokowi di acara pembukaan Jambore Nasional Dai Desa Madani
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA JatimPresiden Joko Widodo mengingatkan kepala desa agar menggunakan dana desa yang dianggarkan pemerintah dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat.

Luhut Ingatkan Prabowo Jangan Bawa Orang Toxic di Pemerintahannya

Menurut dia, Pemerintah mengucurkan dana desa ratusan triliun untuk puluhan ribu desa di Indonesia, agar salah satunya membawa manfaat mendongkrak ekonomi daerah.

“Pemerintah itu telah memberikan dana desa sampai sebesar Rp539 triliun kepada 74.800 desa di Tanah Air,” kata Jokowi dikutip dari VIVA pada Rabu, 27 September 2023.

Gerindra Tepis Isu Jokowi Penghalang Pertemuan Prabowo-Megawati

Makanya, Jokowi senang dengan terselenggaranya Jambore Nasional Dai Desa Madani Parmusi yang diikuti oleh ribuan dai dan daiah yang telah bekerja konkret ke desa-desa. Adapun, Jambore Nasional digelar di Taman Wisata Cibodas, Cianjur, Jawa Barat mulai Selasa, 26 September 2023.

“Saya senang dengan program desa madani ini. Karena kalau kita ingat dulu ada ABRI masuk desa, nah sekarang dai masuk desa yang siap siaga membangun dan menjaga desa. Alhamdulillah, karena pembangunan desa itu sangat penting,” ujarnya.

Presiden Jokowi Ajak CEO Microsoft Kembangkan Teknologi AI dan Pusat Riset di IKN

Memang, kata Jokowi, program Pemerintah saat ini melakukan pembangunan dari pinggiran atau daerah di desa-desa. Meskipun, lanjut dia, banyak yang menyebut kalau Pemerintah hanya membangun jalan tol, airport, pelabuhan dan infrastruktur lainnya.

“Tapi banyak yang lupa, sejak 2015 sampai 2023, telah selesai kalau jalan tol itu 9 tahun ini hanya 2.040 kilometer. Tapi kalau jalan desa 9 tahun ini selesai 326 ribu kilometer jalan desa. Ini enggak pernah ada yang ngitung. Pak kok panjang sekali? Ya panjang, itu tiap desa hanya 5 kilometer dan kita punya desa 74.800. Kalau selesai 326 dibagi hanya kira-kira 4 - 5 km per desa, masih sangat pendek sekali,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title