1 Abad Pondok Gontor, Khofifah: Kontribusi Gontor Besar untuk Peradaban manusia

Gubernur Khofifah di Pondok Gontor
Sumber :
  • Istimewa

Ponorogo, VIVA JatimPondok Modern Darussalam Gontor sudah memasuki usia 100 tahun atau 1 Abad. Acara peringatan tersebut digelar di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1, Kab. Ngawi, Kamis, 28 September 2023.

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Dalam sambutannya Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa perjalanan pondok Gontor selama satu abad ini telah memberikan kontribusi besar bagi kehidupan masyarakat bangsa negara dan dunia.

Pendidikan yang dikembangkan Pondok Gontor terus memberikan dampak pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Bahkan menurutnya pendidikan di Gontor menjadi bagian penting dalam membangun peradaban umat dan kemanusiaan.

Beri Arahan di Apel ASN, Pj Gubernur Jatim Minta Jaga Budaya Kerja CETTAR

Untuk itu secara khusus pesan Gubernur Khofifah ke depan adalah pendidikan yang dilaksanakan di Pondok Gontor harus berseiring dengan format memanusiakan manusia. Menjaga harkat dan martabat manusia seutuhnya.

“Inilah yang menjadi salah satu tantangan bagaimana peradaban kemanusiaan itu harus dibentengi oleh seluruh elemen strategis terutama yang berbasis pesantren,” imbuhnya.

Momen Khofifah Indar Parawansa Antre Mencoblos di TPS Dekat Rumah

Lebih lanjut, Ia menyampaikan betapa pentingnya peran seluruh lini termasuk di dalam Pondok Gontor dalam memberikan warna pada peradaban Islam yang berseiring dengan digital IT.

Sejauh ini, Gubernur Khofifah juga telah melakukan upaya penguatan SDM Jatim dengan penguatan berbasis pesantren. Salah satu wujudnya adalah berjalannya pemberian beasiswa Pemprov Jatim bagi mahasiswa Jatim ke kampus Al Azhar Mesir yang sudah berlangsung selama tiga tahun.

Halaman Selanjutnya
img_title