Bangkitkan Gairah Peternak, Ratusan Sapi Ikuti Kontes APPSI Jatim di Tulungagung

Suasana Kontes Sapi APSSI Jatim di Tulungagung
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Tulungagung, VIVA JatimKontes Sapi Asosiasi Peternak dan Penggemuk Sapi Indonesia (APPSI) Jawa Timur berlangsung meriah. Ratusan ekor sapi ikut memeriahkan kontes yang baru pertama kali diselenggarakan di Tulungagung untuk membangkitkan peternak sapi.

Komitmen GISLI Tulungagung Bantu Program Pemerintah Jadi Poros Maritim Dunia

Ketua Panitia Kontes Sapi APPSI Jatim 2023, Edi Purwanto mengatakan acara itu diikuti sebanyak 320 peserta dari berbagai kelas. Mulai dari pedet jantan, pedet betina sampai ekstrem dengan total ada 11 kelas yang ada.

"Peserta ini paling jauh dari Lampung. Kalau untuk penontonnya dari ada yang dari NTT naik pesawat hanya untuk nonton kontes ini," beber Edi Purwanto kepada awak media, Minggu,15 Oktober 2023.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Ia mengaku, tujuan kontes ini untuk meningkatkan semangat peternak setelah adanya wabah Penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) dan Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK ) di 2022 kemarin.

Menurutnya, dampak wabah tersebut bagi peternak sapi lumayan tinggi. Pasalnya tidak sekit kandang kandang besar di wilayah Kediri Tulungagung Blitar sekarang tutup.

Bayi Kembar Siam di Tulungaung Tercover BPJS, dari Sebelum hingga Usai Operasi

"Ada yang kapasitasnya 200 ekor ataupun yang ada isi kapasitasnya hanya separuhnya," bebernya.

Sementara, untuk penilaian, panitia melihat bobot, bentuk kepala, bentuk badan bentuk kaki. Selanjutnya menilai bentuk ekor serta keindahan warna sapi. 

Halaman Selanjutnya
img_title