KAI Daop 8 Ajak Perkumpulan Begandring Soerabaia Lihat Depo Sidotopo yang Berusia 1 Abad

Depo Sidotopo, Depo Terbesar di Asia Pada Masanya
Sumber :
  • Daop 8

Surabaya, VIVA Jatim –PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya mengajak Perkumpulan Begandring Soerabaia yang merupakan salah satu komunitas pemerhati sejarah memfokuskan diri pada sejarah kereta api di Indonesia dengan mengunjungi Depo Sidotopo pada Minggu, 15 Oktober 2023.

Hari Kedua Arus Balik, 19.666 Orang Berangkat dari Surabaya Gunakan Kereta Api

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif menjelaskan, hal itu dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang bangunan bersejarah dan menjelaskan terkait proses perawatan sarana kereta api yang ada di Depo Lokomotif Sidotopo. 

Ia menjelaskan, pengoperasian Depo Sidotopo pada tahun 2023 ini telah memasuki usia yang ke-100 atau 1 abad setelah aktif digunakan sejak tahun 1923. 

KAI Daop 8 Surabaya Siapkan 59 Lok dan 341 Kereta untuk Angkutan Lebaran 2024

"KAI Daop 8 Surabaya memberikan kesempatan Perkumpulan Begandring Soerabaia untuk melihat dari dekat bangunan bersejarah Depo Sidotopo dan kondisinya terkini," ungkap Arif.

Dikatakan, semua yang ada di kawasan Depo Sidotopo ini memang masih sangat otentik. Meski ada beberapa renovasi, namun tak merubah bangunan asli sejak dibangun. Saat ini Depo Sidotopo difungsikan sebagai tempat perawatan maupun perbaikan lokomotif, kereta, dan gerbong. 

Gegara Banjir di Daop 4 Semarang, 3 KA dari Daop 8 Surabaya Batal Berangkat

Disamping itu di kawasan ini juga terdapat stasiun, klinik kesehatan milik KAI, dan griya karya yang merupakan tempat beristirahat untuk masinis. 

"Dengan adanya kunjungan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan terkait sejarah berdirinya Depo Sidotopo, serta memperingati 1 abad berdirinya Depo Sidotopo," kata Arif.

Halaman Selanjutnya
img_title